CRESIONER 2015

(Talkshow dan Seminar Nasional)

Talkshow dan Seminar Nasional HIMASAE 2015 merupakan salah satu program kerja dari HIMASAE FAPERTA UNSOED. Acara ini telah berlangsung pada hari Sabtu 12 September 2015 di Gedung Yustisia 3 FH UNSOED. Kegiatan ini bernama CRESIONER (Creatif  Sosio Entrepreneur) dan bertemakan Tangga Cerdas Menjadi Pengusaha Kreatif dan Berjiwa Sosial. CRESIONER terdiri dari dua isi acara besar yaitu talkshow dan seminar dengan pembicara yang berbeda.
Pada pukul 08.00-09.00 open gate berlangsung. Para panitia bagian pendaftaran stand by di meja pendaftaran dan menyambut para peserta dan melayani pendaftaran mereka yang berupa pemberian tiket masuk. Para panitia bagian Humas sebagian menjaga dan mengatur tempat parkir kendaraan peserta dan sebagian lagi mengarahkan para peserta menuju ruang seminar. Serta sebagian panitia juga mempersiapkan kedatangan pembicara yang meliputi penjemputan serta briefing yang dilakukan dengan kerjasama bidang Acara dan Humas. Tepat di depan ruang seminar telah siap bagian konsumsi menyambut peserta dengan memberikan snack mereka dan seminar kit yang disediakan panitia. Di dalam ruangan seminar sendiri telah stand by para panitia yang mengatur tempat duduk peserta demi keteraturan dan kelancaran berjalannya acara. Open gate yang berlangsung satu jam ini serasa membosankan bagi peserta yang datang tepat waktu, oleh karena itu untuk mengurangi kekosongan, maka dari panitia memutarkan beberapa musik serta pemutaran video tentang pengenalan acara yang akan segera berlangsung. Selama satu jam ini, peserta dinilai kondusif dan cukup antusias.
open gate

Suasana CRESIONER 2015


Peserta CRESIONER 2015

Isi acara selanjutnya adalah pembukaan acara, di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian pembukaan dari MC dan pengenalan acara serta jargon kepada para peserta dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari beberapa pihak. Di sini sambutan diawali oleh ketua panitia yang berisi tentang penyambutan para peserta dan tamu undangan yang terdiri dari Dekan Faperta Unsoed, Pembina HIMASAE, Kepala Jurusan Sosektan Unsoed, serta perwakilan HIMA/Unit Faperta Unsoed dan ucapan terima kasih kepada mereka yang telah hadir. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua umum HIMASAE yang dinilai sebagai tuan rumah bagi para tamu undangan. Sambutan itu  secara garis besar menjelaskan tentang apa isi acara ini dan ucapan terima kasih kepada para tamu undangan dan peserta serta ucapan syukur telah terlaksana acara ini dan harapan kelancaran acara. Sambutan diakhiri oleh Dekan Fakultas Pertanian, yang megulas tentang pentingnya adanya acara seperti ini demi kelangsungan semangat para pemuda dalam menumbuhkan jiwa entrepreneur di masa pembangunan negara Indonesia. Serta tidak lupa ucapan kepada para panitia yang telah mengadakan acara ini. Di sinilah titik utama pembukaan yaitu diucapkannya Basmallah oleh Bapak Dekan sebagai sahnya acara pembukaan. Sambutan-sambutan ini berlangsung kurang lebih dari pukul 09.05 hingga 09.23.
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Sambutan Ketua Panitia (Nurfahmi Fadlillah)
Sambutan Ketua Umum HIMASAE (Damar Satriawan)
Sambutan Dekan Fakultas Pertanian UNSOED (Dr. Ir. Anisur Rosyad, M.S.)

Acara selanjutnya adalah Talkshow yang dipimpin oleh moderator yaitu Ryan Martian, SP dan  dua pembicara yaitu diawali oleh Sugeng Handoko selaku pemenang Wirausaha mandiri 2012 dan Yasa Singgih, pemilik Men’s Republic. Selam Talkshow moderator mencoba menggali segala pengetahuan dari narasumber dan mencoba menghubungkan pembicara dengan para peserta kegiatan. Talkshow berlangsung dari pukul 09.23 hingga 10.55 dengan pertanyaan dari moderator sehingga diketahui bagaimana usaha pembicara hingga menjadi seperti sekarang ini dan mencoba menggali informasi yang dapat dipelajari. Sesi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang berlangsung 45 menit (10.55-11.40) oleh peserta kepada pembicara. Sesi ini cukup menarik karena peserta dengan antusias dan berani memaparkan keingintahuannya. Dari 257 peserta yang hadir ada lima peserta yang terpilih untuk mempersembahkan pertanyaan kepada pembicara dan langsung di jawab oleh pembicara yang bersangkutan. 
Moderator 
Ryan Martian dan Sugeng Handoko
Ryan Martian, Sugeng Handoko dan Yassa Singgih
Sesi Tanya Jawab
Sesi Tanya Jawab
Pemberian kenang-kenangan

Dari acara Talkshow dapat diambil kesimpulan bahwa:

Tips Memulai Bisnis dari Yasa Singgih:
  1. Berani untuk mengambil tindakan
  2. Bisnis adalah sebuah keputusan dan bukan sesuatu hal yang untuk dimainkan
  3. Jangan tunggu bisnis itu sempurna, namun sempurnakanlah seiring dengan bejalannya
Tips dari Sugeng Handoko
  1. Bahwa orang yang sukses adalah orang yang mau berbagi kebaikan dengan orang lain.

Talkshow ini berakhir pada pukul 11.40, seusai acara diserahkan kembali dari moderator kepada MC, maka MC mencoba penyegaran dengan ice breaking. Penyegaran pikiran ini berakhir pada pukul 12.00 yang dilanjutkan dengan ishoma. Tidak lupa MC menghimbau peserta untuk kembali ke dalam ruang seminar pada pukul 13.00 dan supaya mengambil makanan yang telah di sediakan oleh panitia.
Ice Breaking
Ice Breaking
Ishoma telah berakhir dan dilanjutkan dengan acara hiburan yang berisi penampilan sebuah Band  BeZper dari Fakultas Pertanian Unsoed yang secara berhasil menghibur peserta. Hiburan ini berlangsung dari pukul 13.10 hingga 13.21.
Hiburan dari BeZper
Lalu dilanjutkan dengan Jargon oleh peserta yang dipimpin oleh MC. Dan pada pukul 13.25 hingga 14.43 dilanjutkan dengan Seminar yang dibawakan oleh Nanang Syaifurrozi selaku pemilik Rumah Warna. Seminar ini berisi pemaparan materi oleh pemapar yang secara garis besar menceritakan jalan bisnisnya yang dinilai mulai dari nol. Dan pemutaran beberapa video yang sangat menginspirasi para peserta kegiatan. Tidak sedikit dari peserta yang menitikkan air mata karena terharu dengan video yang dipersembahkan. 
Nanang Syaifurrozi

Dari kegiatan seminar dapat diambil beberapa poin, di antaranya:

  1. Cara menciptakan kejutan untuk kita dari Tuhan yaitu dengan membuat kejutan bagi orang lain.
  2. Orang yang bahagia adalah ketika dia telah membuat orang lain bahagia.
  3. Cara memulai usaha adalah dengan manajemen sempurna yaitu: pikirkan, rencanakan, action, awasi, kembangkan.

Seminar berakhir pada pukul 14.33 dan dilajutkan dengan games hingga pukul 14.43 yang dilanjutkan dengan jargon peserta dan penutupan yang berlangsung hingga pukul 14.45.
Akhir bagian acara ini, para peserta di persilahkan mengambil sertifikat yang telah tersedia di meja pendaftaran dan bisa langsung di ambil dengan berjalan. Para panitia terutama Humas mengarahkan peserta menuju pintu keluar dan supaya antri dalam pengambilan sertifikat. Serta para peserta dihimbau untuk dengan teratur dalam pengambilan motor di bagian parkir.
Instiper
Panitia CRESIONER 2015