Organisasi bukan lah hal baru bagi pelajar Indonesia, khususnya bagi para mahasiswa yang dituntut memiliki kemampuan akademik dan non akademik (soft skill) yang seimbang. Kenapa begitu? Karena mahasiswa merupakan sekelompok masyarakat terpilih yang memiliki masa depan yang strategis sebagai calon pemikir, pelaksana, dan pemimpin untuk dapat mengarahkan, mengembangkan, dan membimbing cara hidup berbangsa dan bernegara. Dengan tugas mahasiswa sebagai pemimpin dan pembimbing, maka tidak cukup dengan hanya mengandalkan kemampuan akademik saja, harus diseimbangkan dengan kemampuan soft skill (leadhership, disiplin, solutif, kritis, bertanggungjawab, peka, dll) yang baik. Maka dari itu, kebutuhan berorganisasi bagi mahasiswa tidak bisa dianggap remeh dengan melihat tugas dan tanggung jawab serta harapan yang dibebankan mahasasiwa.
Melihat betapa pentingnya organisasi bagi mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Sosio Agroekonomika (HIMASAE) UNSOED membuat sebuah acara yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat organisasi bagi anggota HIMASAE angkatan 2015. Acara ini bernamakan HI-DAY (HIMASAE DAY) yang bertemakan “Sukses Organisasi, Sukses Prestasi”. Tema ini menggambarkan harapan untuk anggota HIMASAE 2015 yang tidak hanya memiliki kemampuan organisasi yang baik, namun juga diikuti dengan prestasi- prestasi yang dimiliki, baik di bidang akademik maupun non akademik.
HI-DAY dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Maret 2016 dengan jumlah peserta angkatan 2015 sebanyak 41 anak. Rangkaian pertama dari HI-DAY ini adalah sesi debat antara peserta HI-DAY yang dibagi menjadi dua kubu, kubu pro dan kubu kontra. Sesi debat pertama yaitu tentang “IPK Hanya Mengantarkan Pada Sesi Interview Saja” lalu sesi kedua tentang “Organisasi Yang Anarkis”. Para peserta saling beradu argument tentang permasalahan yang ada, bahkan suasana debat menjadi panas karena adu argument yang sengit.

                                                      Suasana Debat Antara Kubuh Pro dan Kontra

Rangkaian kedua yaitu talk show bersama Mas Maulana Muhammad dan Mas Arif Imam. Beliau berdua adalah anggota HIMASAE yang aktif dalam dunia Organisasi, pengalaman beliau berdua sudah tidak diragukan lagi. Keduanya pernah menjadi Presidium Munas POPMASEPI dan Kabid Bidang KPSDM HIMASAE. Mas Maulana Muhammad dan Mas Arif Imam pun sudah membuktikan betapa pentingnya bagi mahasiswa untuk aktif berorganisasi, ilmu yang didapat dalam berorganisasi menurut mereka sangat bermanfaat untuk dunia kerja dan saat mereka berada di masyarakat. Mereka berdua juga telah membuktikan bahwa aktif berorganisasi tidak semata-mata memberikan dampak yang buruk pada prestasi akademik. Mereka berdua berhasil meraih prestasi dalam berorganisasi dan prestasi dalam akademik. Rangkaian terakhir ada sharing-sharing dengan kakak tingkat dan demisioner terkait organisasi.
                                                        Suasana TalkShow
Akademik memang penting sebagai pertanggungjawaban kepada orang tua, namun oraganisasi juga tidak kalah penting terhadap pertanggungjawaban diri sendiri, apakah ingin menjadi mahasiswa biasa-biasa saja, atau mahasiswa dengan segudang ilmu dan pengalaman dalam berorganisasi. Pilihan nya ada dalam diri kita sendiri, apapun yang dipilih, harapan nya memang yang dibutuhkan dan memberikan kebaikan untuk diri sendiri. Kebaikan yang tidak hanya kita rasakan, namun juga kebaikan yang dapat kita bagikan kepada orang lain.

                                                     Ucapan Selamat Dari Panitia Kepada Peserta
Semoga anggota HIMASAE, khususnya angkatan 2015 aktif dalam berorganisasi, baik di dalam maupun diluar kampus tanpa melupakan tanggung jawabnya terhadap akademik. Carilah ilmu sebanyak mungkin yang bisa didapat, dimanapun, kapanpun, dengan siapapun, dan bagaimanapun caranya. Tapi, setelah kalian mendapatkan nya, janglahlah kalian lupa dengan rumah kalian, HIMASAE. Ingat, HIMASAE membutuhkan kalian.
                                                Foto Bersama Panitia dengan Peserta HI DAY 2016

HI-DAY 2016!! SEMANGAT ORGANISASI, TERDEPAN DALAM PRESTASI!!

HIMASAE~RULES THE WAVE!!!