Musyawarah Wilayah (Muswil) adalah tingkat tertinggi dalam Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia (POPMASEPI) di tingkat wilayah. Sama halnya dengan Musyawarah Anggota (Musang) yang ada di tingkat Hima ataupun Unit, Muswil ini bertugas untuk mengevaluasi kinerja kepengurusan periode terkait dan memilih Ketua DPW 3 yang baru. Muswil dalam POPMASEPI dilaksanakan setiap 2 tahun sekali berdasarkan lama nya periode kepengurusan POPMASEPI baik kepengurusan pusat ataupun wilayah.
Musyawarah Wilayah XIII DPW 3 POPMASEPI dilaksanakan pada tanggal 25-27 Maret 2016 UNS Solo, sebagai tuan rumah pelaksana terdiri dari 3 HMJ yaitu, KAMAGRISTA UNS, HIMADIPTA UNS, dan HM PELITA UNS. Muswil XIII ini dihadiri 10 anggota tetap (HIMASAE UNSOED, HIMAGRITA UNSOED, KAMAGRISTA UNS, HM PELITA UNS, HIMADIPTA UNS, KMSEP UGM, HIMASEPTA UMY, IMPS UST, HIMSEP INSTIPER, HIMAGRI UPN VETERAN YOGYAKARTA) dan dihadiri 3 anggota sementara (HIMASEKTA UNWAHAS, HIMATANI UMPurworejo, HMPS UMPurwokerto). HIMASAE UNSOED mengirim 15 delegasi untuk menghadiri Muswil XIII ini, antara lain Indah Siwi Indriyani, Fiqrul Hakim, Nurfahmi Fadlilah, Wiwi Tarwih Awaliah, Ramzi, Lazuardi Abduraman Wahid, Rizky M Noor, M Reza Aziz Gumilar, Zahra Dwita Vega, Aep Soemantri, Puspita Mardika Lestari, Dejan Putu Fathurony, Vicky Mula Tua, Fadhil Sanafi, dan Wibowo.
Muswil ini dilaksanakan di gedung Pusbangnis (Pusat Pengembangan Bisnis) milik UNS. Hari pertama agenda muswil langsung memasuki persidangan yang dipimpin oleh presidium sementara dari pihak panitia pelaksana setelah dibuka/diresmikan nya Muswil XII DPW 3 POPMASEPI oleh Kajur Agribisnis UNS. Persidangan berjalan cukup alot meskipun pembahasan pada saat itu hanya membahas tentang agenda sidang dan tata tertib sidang ditambah dengan kondisi ruangan yang cukup panas, jalan nya persidangan semakin memanas. Hari pertama sidang berhasil memilih presidium sidang tetap yaitu Pandu Reza Prawira dari HIMSEP INSTIPER Yogyakarta sebagai Presidium 1, Vendi Guntoro Sulistyono dari HIMADIPTA UNS Solo sebagai Presidium 2, dan Wibowo dari HIMASAE UNSOED sebagai Presidium 3. Persidangan berakhir dengan pembahasan laporan pertanggungjawaban pengurus DPW 3 periode 2014-2016. Delegasi dari HIMASAE cukup aktif dalam pembahsan LPJ dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait program kerja, kendala selama berjalan nya periode 2014-2016, bahkan sampai tata penulisan LPJ pun menjadi bahan pertanyaan bagi para delegasi dari HIMASAE UNSOED.
Hari kedua sidang dilanjutkan dengan penatapan demisioner pengurus DPW 3 periode 2014-2016. Sidang dilanjutkan dengan siding komisi yang dibagi menjadi 3 kelompok, dengan kelompok A membahas tentang Garis Besar Program Kerja (GBPK) DPW 3 POPMASEPI, kelompok B membahas tentang Struktur dan Mekanisme Kerja, dan kelompok C membahas tentang Rekomendasi Umum. Setelah sidang komisi dan pembahasan hasil sidang selesai, lalu sidang dilanjutkan dengan membahas tata tertib pemilihan formatur dan pemilihan ketua umum. Setelah itu diadakan pemilihan ketua umum DPW 3 POPMASEPI periode 2016-2018 dengan calon ketua yaitu Lazuardi Abdurahman Wahid dari HIMASAE UNSOED dan Fazrien Aprizqo Agi dari HIMAGRI UPN VETERAN Yogyakarta. Hari kedua berakhir di pemaparan visi dan misi dari kedua calon yang sangat bagus, baik dari materi maupun dari cara penyampaian nya.
Hari ketiga sidang dilanjutkan dengan sesi fit and proper test. Peserta sidang merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan di tanyakan kepada dua calon ketua umum DPW 3 POPMASEPI. Kedua calon dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah disepekati peserta seidang dengan baik dan memuaskan. Selanjutnya masuk pada tahap pemilihan, pada tahap ini berjalan sangat alot karena kedua calo tetap bersikeras untuk terus maju tanpa ada yang mengalah. Akhirnya pemilihan dilakukan dengan jalan voting, voting dilakukan dengan pemungutan suara dengan system terbuka dari anggota tetap. Hasil voting memutuskan Ketua Umum DPW 3 POPMASEPI Periode 2016-2018 jatuh kepada Saudara Fazrien Aprizqo Agi dari HIMAGRI UPN VETERAN Yogyakarta dengan selisih suara 6:3 dengan INSTIPER Yogyakarta tidak menggunakan hak suaranya. Muswil XIII POPMASEPI diakhiri dengan sharin dengan demisioner DPW 3 POPMASEPI terdahulu.
Perjalanan dan pembelajaran yang berarti bagi ke-15 delegasi yang tidak bisa didapatkan oleh semua orang, hanya bisa didapatkan bagi mereka yang memiliki keinginan untuk belajar lebih tentang berorganisasi diikuti pula dengan adanya kesempatan. Pengalaman, ilmu, teman, kebahagiaan, kekecewaan, keberhasilan, dan kegagalan adalah bagian dari perjalanan hidup yang mau tidak mau harus kita lalui. Bagaimana cara kita menyikapinya adalah hal yang terpenting untuk mengetahui dan mendapatkan manfaat dari setiap peristiwa yang kita lalui yang bisa membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik kedepan nya.
Muswil XIII!!! Satukan Langkah, Rekatkan Persaudaraan, Untuk DPW 3 JAYA!!!
Salam Profesi!!!
Salam Profesi!!!
Salam Profesi!!!
POPMASEPI!!! JAYA!!!
HIMASAE!!! RULES THE WAVE!!!
Kesan Delegasi :
Dejan : Menyenangkan, bisa banyak belajar dari berbagai budaya kampus yang berbeda. Contohnya mulai belajar bicara didepan banyak orang yang beda umur, pemikiran, dan emosi. Walaupun cuman baru dikit ngomongnya, yang penting berani belajar. Belajar dari kakak tingkat, seneng juga mau ngerangkul adik kelasnya yang gak kena ospek wkwkw. Punya banyak teman gara-gara ikut muswil.
Vicky : Lebih paham apa yang namanya musyawarah yang lebih formal. Lebih berani untuk berbicara didepan umum, terutama berbicara formal. Semakin tertarik dengan organisasi. Tingkat kekritisan meningkat untuk menghadapi suatu masalah. Sedikit belajar tentang politik dan melihat beragam orang dengan budaya yang berbeda.
Tari : Walaupuan baru pertama kali ikutin acara POPMASEPI, langsung bikin nagih. Jadi bisa tau kalau agribisnis itu punya perhimpunan organisasi secara nasional, tau berbagai macam kultur dari berbagai perguruan tinggi, lebih berani buat bicara diforum. Nambah pertemanan, dan melatih bangun dan tidur pagi, wkwkwkw.
Fahdil : Ya seru sih, banyak temen baru.
Wibowo : Tidak ada kata menyesal dan rugi dalam mengikuti kegiatan POPMASEPI karena kita mendapatkan pengalaman, wawasan, dan teman-teman baru. Dan juga sebagai pengalaman pertama sata menjadi presidium! Luar biasa! DPW 3 POPMASEPI adalah keluarga saya, seperti HIMASAE.
Aep : Kereenn!!! Warbyasah!!! Mantabb!!! Sekali lagi saya bertemu dan berkumpul dengan anak-anak agribisnis universitas lain di wilayah 3. Rasanya memang seru sekali dan semoga bisa berkumpul kembali. Mulai dari berangkat muswil, pasti menjadi kenangan tersendiri.
Vega : seruuu dan sangat berkesan, nambah pengalaman, teman, dan ilmu nya nambah banget tentang kepopmasepian dan organisasi.
Eza : Pengalaman yang didapatkan banyak sekali mulai dari bagaimana tata cara pemilihan ketua DPW 3, AD/ART, dll. Banyak teman yang didapat.
Risky M Noor : Senang sekali bisa bertemu saudara-saudara dari berbagai universitas, silaturahmi, dan bertukar pikiran bersama orang-orang hebat. Semoga semakin jaya, meskipun belum sesuai dengan yang diharapkan, dan dapat menjadi ilmu yang bermanfaat.

Law : Muswil XIII memberikan banyak pelajaran & makna. Harus lebih berani bila mempuyai keyakinan yang kuat akan suatu hal, dan jangan bertindak bodoh untuk tidak memperjuangkannya.
Delegasi Muswil XIII DPW 3 POPMASEPI