Seminar Nasional, talkshow dan bazar CRESIONER 2017 merupakan salah satu program kerja dari bidang kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Sosio Agro Ekonomika. Acara ini telah berlangsung pada hari Sabtu 4 Maret 2017 di Gedung Roediro Fakultas Ekomomi dan Bisnis UNSOED. Kegiatan ini bernama bertemakan Menciptakan Agricultural Sociopreneur yang Inovatif Sebagai Refleksi Indonesia Emas. CRESIONER 2017 terdiri dari tiga acara besar yaitu bazar mahasiswa, seminar nasional dan talkshow dengan pembicara yang berjumlah 4 orang

Pada pukul 07.30 open gate acara dibuka. Sebelum peserta dan tamu undangan menuju bagian pendaftaran, peserta, tamu undangan dan pembicara disambut oleh kentongan serta tari khas banyumas. Pada bagian bawah gedung Roediro terdapat 7 stand yang terdiri dari Chicken on Fire, Kebab Frozen, La Femme Beaute, Susu Dot, Inyong Bae Store, Banana Diped Chooco, Ropat.  Panitia bagian pendaftaran telah stand by di meja pendaftaran dan menyambut para peserta hingga pukul 08.45 dan melayani pendaftaran yang berupa pemberian tiket masuk berupa gelang. Panitia bidang Humas sebagian menjaga dan mengatur tempat parkir kendaraan peserta dan sebagian lagi mengarahkan para peserta dan tamu undangan menuju ruang seminar serta ada pula yang bertanggung jawab untuk  Liaison Officer (LO) untuk pembicara seminar nasional yang berkoordinasi dengan bidang acara. Sebelum memasuki ruang seminar telah dipersiapkan snack dan seminar kit untuk peserta yang dibagikan oleh bagian konsumsi dan bekerja sama dengan bidang dekorasi dan  dokumentasi. Open gate yang berlangsung selama satu jam diisi dengan memutarkan beberapa musik.

Setelah itu acara dilanjutkan pada pukul 08.45  dengan pembukaan yang dipandu Master of Ceremony Tarikh Riza Bahri dan Esa Elok Puji Lestari, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di pandu oleh Reischa Sandriati sebagai dirigen. Kemudian dilanjutkan dengan persembahan tari lengger Gema Ace Fakultas Ilmu Budaya. Selanjutnya adalah sambutan – sambutan, sambutan pertama diawali oleh ketua panitia yang berisi tentang penyambutan para peserta dan tamu undangan yang terdiri dari Dekan Faperta Unsoed, Wakil Dekan Faperta, Presidium Faperta,  Pembina HIMASAE, Kepala Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Unsoed, Ketua Umum HIMASAE serta perwakilan HIMA/Unit Faperta Unsoed dan ucapan terima kasih kepada mereka yang telah hadir. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Faperta yang dinilai sebagai tuan rumah bagi para tamu undangan. Sambutan itu  secara garis besar menjelaskan tentang ucapan terima kasih kepada para tamu undangan dan peserta serta ucapan syukur telah terlaksana acara ini.  Sambutan Dekan Faperta merupakan sambutan terakhir sekaligus membuka acara CRESIONER 2017 dengan pemotongan pita. Kegiatan pembukaan berakhir pada pukul 09.30


Penampilan kentongan khas banyumas untuk menyambut peserta dan pembicara
Pemberian gelang saat registrasi

Master of Ceremony membuka acara



Sebelum ke acara selanjutnya yaitu Seminar Nasional diberikan waktu 5 menit untuk peralihan acara. Seminar Nasional di awali dengan pembacaan Curiculum Vitae (CV)  yang didibacakan  oleh MC, sebelum MC memanggil dan  menyerahkan ke Bapak Sapto Nugroho Hadi M. Biotech. selaku Moderator Seminar Nasional, MC membacakan CV Moderator terlebih dahulu. Setelah MC memanggil moderator dan menyerahkan acara ke Moderator, kemudian Moderator membacakan CV pembicara Seminar Nasional dan menghadirkan pembicara Seminar Nasional yang di isi oleh Bapak Komarudin dari Kementerian Pertanian. Moderator menyerahkan acara kepada Bapak Komarudin untuk memberi materi Seminar. Pemberian materi disampaikan melalui slide show yang sudah disiapkan oleh narasumber. Setelah pemberian materi Seminar Nasional, Moderator memberi kesepatan kepada peserta Seminar untuk Sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini peserta yang menanya kepada narasumber diberikan hadiah yang diberikan oleh panitia. Jumlah penanya sebanyak 3 peserta. Acara Seminar Nasional berlangsung selama 90 menit yang berakhir pada pukul 11.05 WIB, setalah seminar selesai pembicara diberikan kenang – kenangan berupa batik khas Banyumas dan plakat penghargaan.  Setelah itu,  peserta diberi waktu untuk sholat dhuhur dan istirahat. Pada saat istirahat, pesera diarahkan untuk meramaikan bazar dilantai dasar gedung. Terdapat 7 stand yang mengisi bazar. Pukul 12.30 WIB peserta kembali ke ruangan seminar, sebelum masuk ke ruangan, peserta mengambil makan siang. Pada saat makan siang, peserta di hibur oleh penampilan Band Extella. Acara selanjutnya adalah Talkshow yang diisi oleh 3 pembicara.



Seminar nasional berlangsung





Sesi tanya jawab seminar nasional


Pemberiang kenang – kenangan kepada bapak Komarudin


Kegiatan bazar


Penampilan extella band

Pada pukul 13.00 MC masuk kedalam ruangan untuk membuka acara talkshow sebelum diserahkan kembali kepada moderator. Selanjutnya moderator mengambil alih acara, acara pertama dalam talkshow adalah pembacaan CV dari pembicara pertama yaitu Bapak Muhamad Abdul Karim mengenai sociopreneur di Indonesia yang dilanjutkan dengan pengisian materi singkat dengan media power point, talkshow pembicara pertama selama 25 menit. Dilanjutkan dengan pembicara kedua yaitu Bapak Djeimy Kusnaman dengan bahasan agripreneur atau wirausaha dibidang pertanian dengan mekanisme yang sama seperti pembicara pertama. Pembicara yang terakhir adalah Bapak Boyke Setiawan dengan bahasan menggabungkan dari 2 materi sebelumnya yaitu wirausaha sosial pertanian. Setalah talkshow dengan satu persatu pembicara, dilanjutkan talkshow panel dengan ketiga pembicara. Dipenghujung talkshow dibuka kembali sesi tanya jawab dengan peserta, dengan penanya berjumlah 3 orang. Ditengah sesi tanya jawab Bapak Djeimy Kusnaman meninggalkan ruangan dikarenakan ada kepentingan diluar acara.  Acara Talkshow berakhir pada pukul 15.30. Setelah rangkaian talkshow berakhir, acara selanjutnya yaitu pemberian kenang – kenangan kepada kedua pembicara dan moderator oleh ketua panitia dan ketua umum HIMASAE berupa batik khas banyumas dan plakat penghargaan. 




Kegiatan talkshow berlangsung


Tanya jawab sesi talkshow


Pemberian kenang – kenangan kepada moderator dan pembicara


Pengisian kuisoner kegiatan

Kemudian acara kembali diambil alih oleh MC, sebelum acara CRESIONER 2017 ditutup. Panitia membagikan kuisioner yang akan diisi oleh peserta pada saat itu dan diberikan waktu 15 menit untuk mengisi kuisioner tersebut. Tibalah pukul 15.55 yang berlangsung penutupan Cresioner 2017. Dalam penutupan tersebut MC menutup acara dan pamit undur diri dari acara. Setalah acara selesai peserta menuju meja pendaftaran untuk mengembalikan kuisioner yang telah diisi dan mengambil sertifikat peserta.