KRONOLOGIS PM 1 “OMEGA (Organization Minded Goals) 3 2017”



Organisasi merupakan perkumpulan dengan segala warna pemikiran, karakter, sifat dari orang-orang yang berkumpul menjadi satu kesatuan untuk mewujudkan tujuan. Sama halnya seperti Himpunan Mahasiswa Sosio Agro Ekonomika atau yang biasa disebut HIMASAE. Banyak ilmu yang didapat oleh mahasiswa dari berorganisasi atau yang biasa disebut dengan softskill yang jarang sekali didapatkan pada kegiatan perkuliahan, walaupun tidak dapat dipungkiri salah satu tugas mahasiswa yaitu akademik.

Melihat betapa pentingnya organisasi bagi mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Sosio Agro Ekonomika (HIMASAE) UNSOED membuat sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan minat organisasi bagi anggota HIMASAE angkatan 2017. Kegiatan ini bernamakan OMEGA 3 (Organization Minded Goals) yang bertemakan “Lejitkan Potensi Menuju Organisator yang Aktif dan Kritis”. Tema ini menggambarkan harapan untuk anggota HIMASAE 2017 agar sadar akan organisasi sehingga dapat aktif dalam organisasi dan dapat menjadi organisator yang kritis.  

Acara OMEGA 3 disosialisasikan pada sosial media pada tanggal 17 Oktober 2017. Sosialisasi langsung serta penyebaran formulir pendaftaran kepada anggota HIMASAE angkatan 2017 pada tanggal 23 Oktober 2017. Pendaftaran ditutup pada tanggal 2 November 2017. Peserta yang daftar pada formulir pendaftaran yaitu sebanyak 55 peserta. OMEGA 3 dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 November 2017 dengan jumlah peserta yang datang  sebanyak 52 peserta.

            Pembukaan acara OMEGA 3 dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pemotongan pita sebagai simbolis dibukanya kegiatan OMEGA 3 oleh Wakil Dekan 3 Ir. Siswantoro, MP. Kemudian acara dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan pertama yaitu talkshow pada pukul 09.00-11.00 WIB. Talkshow OMEGA 3 disampaikan oleh Ali Fauzi Azhar dan Resal Aprisal dari demisioner HIMASAE angkatan 2010 sebagai pembicara dan dipandu oleh Fatih Fida’ain dari anggota HIMASAE angkatan 2015 sebagai moderator.  Garis besar yang disampaikan pada konten talkshow terkait ‘Organisasi’ dan ‘Organisator’.

Garis besar yang dibahas dalam konten talkshow dapat membuka wawasan peserta. Wawasan terkait penting dan manfaatnya organisasi yang diharapkan peserta OMEGA 3 ini tumbuh dan sadar akan pentingnya organisasi. Diharapkan peserta dapat turun langsung dalam organisasi menjadi seorang organisator yang aktif dan kritis.

Text Box: Talkshow yang diisi dengan mas Ali dan mas Resal sebagai pembicara dan dipandu oleh mas Fatih sebagai moderator





Ilmu beserta pengalamanpun diberikan langsung oleh kedua pembicara sesuai dengan apa yang telah mas Ali dan mas Resal peroleh ketika masih aktif berorganisasi di kampus. Banyak pertanyaan yang diberikan kepada kedua pembicara dari para peserta OMEGA 3 pada saat sesi tanya jawab. Apresiasipun diberikan kepada mas Ali dan mas Resal berupa plakat dan piagam yang diberikan kepada mas Fatih selaku moderator talkshow, pemberian cinderamata kepada kedua pembicara dan moderator menandakan berakhirnya talkshow.

Rangkaian kegiatan kedua yaitu pelatihan kepanitiaan, seluruh peserta yang hadir dibagi menjadi 2 kelompok besar yang diibaratkan sebuah kepanitiaan. Setiap kelompok dibagi menjadi 7 kelompok kecil seperti sebuah bidang-bidang yang biasanya terdapat dalam sebuah kepanitiaan HIMASAE. bidang-bidang tersebut antara lain Ketua & koordinator lapangan (Kekor), sekertaris & bendahara (Sekben), Acara, Humas, Akomodasi Transportasi & Perlengkapan (ATP), Pendaftaran Publikasi Dekorasi & Dokumentasi (PPDD), dan Usaha dana & Konsumsi (Uskom).


















Text Box: Pelatihan kepanitiaan dipandu oleh tentor dimasing-masing kelompok
 




Pelatihan kepanitiaan terdapat tentor di masing-masing kelompok besar yang bertujuan untuk memberi arahan kepada peserta selama jalannya pelatihan kepanitiaan. Tentor kelompok 1 dipegang oleh mba Niken N Afrianti selaku kepala bidang Kewirausahaan dan kelompok 2 di pegang oleh mba Putri Zakiyatus selaku kepala bidang Humas dan Advokasi. Tiap kelompok harus mengonsepkan acara bertemakan ulang tahun Himasae ke 31th, setelah itu setiap kelompok memaparkan hasil konsepan didepan kelompok lain.


Text Box: Pemaparan tiap keompok
 


Pelatihan kepanitiaan ini bertujuan untuk mengenalkan organisasi dalam lingkup kecil. Pelatihan kepanitiaan ini bertujuan agar peserta dapat paham akan jobdesk sebuah bidang dalam suatu kepanitiaan. Diharapkan dengan adanya pelatihan kepanitiaan ini peserta OMEGA 3 dapat menerapkannya dalam kepanitiaan yang sesungguhnya dan membuka wawasan peserta dalam berorganisasi.

Rangkaian kegiatan ketiga adalah sharing session. Seluruh peserta OMEGA 3 dibagi menjadi 11 kelompok kecil yang berisikan 3-4 disetiap kelompoknya. Sharing session diisi oleh demisioner HIMASAE angkatan 2014 sebagai center dan didampingi oleh pengurus HIMASAE angkatan 2015.

Text Box: Sharing session yang diisi oleh drmisioner HIMASAE angkatan 2014
 


Materi yang disampaikan oleh mas dan mba demisioner HIMASAE angkatan 2014 tidak lain adalah organisasi kampus terkhusus organisasi HIMASAE itu sendiri. Sesuai dengan namanya yaitu sharing session, materi disampaikan kepada peserta OMEGA 3 dikemas dengan duduk bersama demisioner HIMASAE angkatan 2014 dan bercerita, berbagi pengalaman, ilmu seperti seorang kakak yang membimbing adiknya. Tidak lupa penekanan akan pentingnya berorganisasi kepada peserta OMEGA 3 yang diharapkan para peserta OMEGA 3 menyadari bahwa dengan berorganisasi dapat mengembangkan serta meningkatkan kualitas diri para peserta OMEGA 3.

Sama halnya yang dikatakan oleh salah satu demisioner HIMASAE angkatan 2014 “sejauh apapun kalian mencari ilmu, harus tetap ingat dengan rumah kalian yaitu HIMASAE” yang diharapkan para peserta OMEGA 3 menyadari bahwa HIMASAE membutuhkan orang-orang yang akan meneruskan tongkat estafet dan tetap menghidupkan HIMASAE sebagai organisasi dan HIMASAE sebagai rumah mereka dalam berproses.

Terakhir adalah penutupan yang diisi oleh ketua umum HIMASAE periode 2017/2018, mas Vicky Mula Tua menyampaikan sedikit motivasi dan sekali lagi penekanan pentinganya berorganisasi khususnya diHIMASAE itu sendiri serta ucapan “Selamat Berproses di HIMASAE” yang telah disapakan oleh panitia kegiatan OMEGA 3.




















Text Box: Foto brsama peserta di akhir acara