KRONOLOGIS PEKAN MANIS 1 "PELANGI"
Organisasi merupakan perkumpulan dengan segala warna pemikiran, karakter, sifat dari orang-orang yang berkumpul menjadi satu kesatuan untuk mewujudkan tujuan. Sama halnya seperti Himpunan Mahasiswa Sosio Agro Ekonomika atau yang biasa disebut HIMASAE. Banyak ilmu yang didapat oleh mahasiswa dari berorganisasi atau yang biasa disebut dengan softskill yang jarang sekali didapatkan pada kegiatan perkuliahan, walaupun tidak dapat dipungkiri salah satu tugas mahasiswa yaitu akademik.
PELANGI 2018 ( Pekan Perkenalan dan Pengembangan Potensi Organisasi ) dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 November 2018 di Gedung D.2.07/D.2.08 Fakultas Pertanian, dengan jumlah peserta yang datang  sebanyak 35 peserta. Pembukaan acara PELANGI 2018 dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pemotongan pita sebagai simbolis dibukanya kegiatan PELANGI 2018 oleh Wakil Dekan 3 Ir. Siswantoro, MP. Kemudian acara dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan yang pertama yaitu talkshow pada pukul 09.10-10.40 WIB. Talkshow PELANGI 2018 disampaikan oleh Sultan Yulizar Muhammad dari demisioner HIMASAE angkatan 2013 sebagai pembicara dan dipandu oleh Rizky M. Noor dari demisioner HIMASAE angkatan 2014 sebagai moderator.  Garis besar yang disampaikan dalam konten talkshow terkait Organisasi.
Garis besar yang dibahas dalam konten talkshow dapat membuka wawasan peserta. Wawasan terkait penting dan manfaatnya organisasi yang diharapkan peserta PELANGI 2018 ini tumbuh dan sadar akan pentingnya organisasi. Diharapkan peserta mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya melalui organisasi. Ilmu beserta pengalaman pun diberikan langsung oleh pembicara sesuai dengan apa yang telah mas Sultan peroleh ketika masih aktif berorganisasi di kampus. Apresiasipun diberikan kepada mas Sultan berupa plakat dan piagam yang diberikan kepada mas Rizky selaku moderator talkshow, pemberian cinderamata kepada kedua pembicara dan moderator menandakan berakhirnya talkshow.
Rangkaian kegiatan kedua yaitu Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan pukul 12.40-14.10 WIB. Seluruh peserta yang hadir dibagi menjadi 8 kelompok yang berisikan 3-4 orang disetiap kelompoknya, dengan masing-masing kelompok didampingi oleh pengisi materi FGD yaitu Mas Ramzi, Mas Pandu, Mas Oktavian Yunus, Mas Lazuardy, Mas Isfan, Mas Luthfi, Mas Vicky, dan Mas Fatih. Materi yang dibahas dalam FGD yaitu seputar tri dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat) dan peran fungsi mahasiswa (Agent of change, Social Control, Iron Stock, dan Moral Force). Pengisi FGD mengarahkan diskusi dengan baik sehingga peserta PELANGI 2018 lebih aktif dan berani dalam bertanya serta mengemukakan pendapat.
Garis besar yang dibahas dalam konten Focus Group Discussion (FGD) dapat membuka wawasan peserta. Wawasan terkait penting dan manfaatnya mengetahui seputar tri dharma perguruan tinggi dan peran fungsi mahasiswa yang diharapkan peserta PELANGI 2018 ini tumbuh dan sadar akan pentingnya materi tersebut. Diharapkan peserta mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya itu atas dasar landasan yang kuat. Ilmu beserta pengalaman pun diberikan langsung oleh pengisi materi sesuai dengan apa yang telah mereka peroleh ketika beraktifitas di kampus. Apresiasipun diberikan kepada para pengisi materi dengan berupa piagam yang diberikan kepada semua pengisi materi.
Rangkaian kegiatan ketiga adalah sharing session yang dilaksanakan pukul 14.20-16.20 WIB. Seluruh peserta PELANGI 2018 kembali dibagi menjadi 8 kelompok yang berisikan 3-4 disetiap kelompoknya. Sharing session diisi oleh demisioner HIMASAE angkatan 2015 sebagai center dan didampingi oleh pengurus HIMASAE angkatan 2016 sebagai notulen.  Materi yang disampaikan oleh mas dan mba demisioner HIMASAE angkatan 2015 tidak lain adalah organisasi kampus terkhusus organisasi HIMASAE itu sendiri. Sesuai dengan namanya yaitu sharing session, materi disampaikan kepada peserta PELANGI 2018 dikemas dengan duduk bersama demisioner HIMASAE angkatan 2015 dan bercerita, berbagi pengalaman dan ilmu seperti seorang kakak yang membimbing adiknya. Tidak lupa penekanan akan pentingnya berorganisasi kepada peserta PELANGI 2018 yang diharapkan para peserta PELANGI 2018 menyadari bahwa dengan berorganisasi dapat mengembangkan serta meningkatkan potensi dirinya.
Sebelum penutupan, terdapat satu acara yang tidak kalah penting yaitu pengenalan pengurus HIMASAE 2018/2019 yang dipimpin oleh Dean Azhar Fazha selaku ketua umum HIMASAE periode 2018/2019. Selanjutnya mas Dean memperkenalkan pengurus harian HIMASAE dan dilanjutkan dengan pengenalan staff setiap bidangnya.
Terakhir adalah penutupan, mas Dean Azhar Fazha menyampaikan sedikit motivasi dan sekali lagi penekanan pentinganya berorganisasi khususnya di HIMASAE itu sendiri serta ucapan “Selamat Berproses di HIMASAE” yang telah disipakan oleh panitia kegiatan PELANGI 2018.