Rombongan delegasi HIMASAE berangkat pada Sabtu 25 Mei 2013 pukul 06.00 WIB dengan menggunakan kereta Logawa jurusan Purwokerto-Jember dan turun di Stasiun Jember pada pukul 19.30 WIB.
            Rangkaian acara POPMASEPI dimulai dengan Seminar Nasional dengan tema “Mengangkat Eksistensi dan Prospek Kopi Indonesisa” yang bertempat di Gedung Mas Soerachman Universitas Jember dengan pembicara Ketua Umum GAEKI (Gabungan Eksportir Kopi Indonesia) Dr. Hutama Sughandi; Bpk. Bambang Sriono selaku Ketua Asosiasi petani kopi Indonesia (APEKI) JATIM selaku Ketua rumah tani Bondowoso, Ketua  GAPOKTAN Tunas Harapan Sumberwringin; Dr. Misnawi selaku Peneliti Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indoneisa; dan Ir. Soewarno, MM. selaku Direktur Produksi PTPN XII.
Acara ini berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Jalannya acara berlangsung dengan baik, dari peserta seminar terlihat aktif dalam diskusi mengenai tema dari seminar tersebut. Seleseainya acara seminar para peserta di bawa untuk keliling Universitas Jember melihat prospek budidaya yang ada seperti budidaya tanaman sayur-sayuran dan budidaya tanaman buah-buahan. Di lanjutkan pada kegiatan malam hari peserta berkumpul di Aula untuk Temu ramah dan menyaksikan salah satu kesenian.
ImageImage
            Hari kedua kegiatan dimulai dengan acara persiapan untuk melaksanankan kegitan dan sarapan. Dilanjutkan dengan Workshop dengan tema “ Aplikasi dan Pengabdian Masyarakat Agribisnis dalam Upaya Peningkatan Potensi Pertanian Masyarakat Pedesaan” dengan narasumber Bpk. Sarwono selaku pebisnis Kopi di Ds.Sidomulyo, dan Bu Evita selaku Kepala Jurusan Agribisnis Universitas Jember. Pada workshop ini di bahas tentang potensi kopi di desa Sidomulyo dan Bina Desa yang di lakukan oleh Universitas Jember terhadap desa tersebut. Setelah itu peserta menuju kantor desa Sidomulyo  dan disambut oleh Kepala Desa Sidomulyo. Peserta dibuat 16 kelompok untuk menempati rumah-rumah warga yang ada di desa tersebut  untuk mengikuti kegiatan tuan rumah masing-masing dan mencari permasalahan yang ada dalam keluarga tersebut. 
Hari ketiga kegiatan peserta yaitu mengikuti segala aktifitas tuan rumah masing-masing seperti bertani, berjualan, dan memasak, makan bersama dll. Setelah seharian mengkuti kegiatan di rumah warga menjelang maghrib peserta bersiap – siap untuk menuju balai desa Sidomulyo membahas Forum Group Disscusion mengangkat masalah yang telat di peroleh peserta saat mengikuti aktifitas di rumah warga.
            Hari Ke empat peserta meninggalkan desa Sidomulyo menuju ke Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia yang berada dalam lokasi PTPN XII. Disini peserta dikenalkan dengan sejarah berdirinya PUSLIT KOKA dan struktur organisasi yang ada di dalamnya. Kemudian peserta di bawa menuju perkebunan Kopi dan Kakao yang ada di tempat tersebut. Pada perkebunan tersebut terdapat Kopi Robusta, di sela-sela tanaman Kopi ditanami tanaman Lamtoro yang berfungsi untuk menaungi pohon Kopi dan sebagai pakan Ternak. Setelah itu peserta menuju pabrik pengolahan Kopi dan Kakao, disana para peserta dikenalkan dengan alat-alat pembuat Kopi dan Kakao, dan proses pembuatannya seperti pembuatan coklat bubuk, coklat batang dan kopi bubuk. Penutupan acara dilakukan di Universitas Jember oleh Kepala Jurusan Ir. Evita……Banyak pengalaman dan manfaat yang diambil dari pendelegasian ini, semoga HIMASAE dapat terus ikut  andil dalam kegiatan POPMASEPI selanjutnya.
            Hasil dari PKPP dan Bina Desa POPMASEPI ini adalah Tersusunnya Grand Design Product mengenai “Pertanian Terpadu” yang nantinya akan di terapkan oleh petani di Desa Sidomulyo Kec. Silo Kab. Jember  guna meningkatkan sektor pertanian di desa tersebut.
DAFTAR INSTITUSI PESERTA
DPW 1. Universitas Sriwijaya
DPW 2. Universitas Padjajaran
DPW 3. UNSOED (Universitas Jenderal Soedirman) , UNS (Universitas Sebelas Maret)
DPW 4. Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, UPN ’VETERAN’ SURABAYA, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Brawijaya, Universitas Mataram
DPW 5. Universitas Muslim Indonesia MAKASSAR
ImageImageImage