Tanggal 20 dan 21 Mei 2013, 212 mahasiswa agribisnis yang terdiri dari angkatan 2010 dan 2011 menjalani praktikum lapang di Semarang. Praktikum dilaksanakan pada 2 perusahaan besar di yakni Banaran Coffee dan Nyonya Meneer. Praktikum lapang dilaksanakan guna memenuhi kegiatan praktikum mata kuliah Manajemen Pemasaran, Akuntansi Menajemen dan Kelayakan Bisnis bagi angkatan 2010 dan Manajemen Produksi bagi angkatan 2011. Praktikum pertama dilaksanakan pada Banaran Coffee yang merupakan salah satu perusahan milik PT. Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX) Semarang dimana di perusahaan tersebut kami dapat mempelajari budidaya kopi hingga cara pemasarannya yang disajikan dengan pemaparan secara umum oleh Manajer Banaran dan dilanjutkan berkeliling kebun kopi dan perusahaan Banaran yang dipandu oleh satu orang pemandu bagi tiap kelompok dan dijelaskan pula secara lengkap mengenai acara praktikum yang ditanyakan oleh mahasiswa. Mahasiswa diberi waktu 2 jam  untuk mencari tahu info yang tersedia di Banaran Coffee mengenai acara praktikum yang dilaksanakan yakni mengenai gambaran umum perusahaan, segmentasi pasar, kebijakan bauran pemasaran, aspek teknis dan teknologi, dan aspek manajemen operasional.
Image
Praktikum dilanjutkan langsung menuju Nyonya Meneer pada hari yang sama. Nyonya Meneer merupakan salah satu perusahaan jamu yang sudah lama berdiri sejak tahun 1919 dan menjadi cikal bakal salah satu industri jamu terbesar di Indonesia. Nyonya Meneer terletak di Jl.Raden Patah 191-199 Semarang. Seiring dengan perkembangan jamu kearah Kosmetik, Food supplement dan Spa, PT Nyonya Meneer saat ini terus berinovasi dalam meluncurkan produk-produknya ke pasaran, guna memenuhi kebutuhan para konsumen. Dalam kunjungannya Mahasiswa dibagi menjadi 2 kelompok yakni kelompok 1 bertempat di Taman Nyonya Meneer dan kelompok ke 2 bertempat di Museum Nyonya Meneer. Walaupun berbeda tempat yang dikunjungi namun pemaparan materi praktikum yang disampaikanpun sama dan mengacu pada acara praktikum yang dilakukan, bedanya kelompok yang bertempat di Taman Nyonya Meneer berkesempatan untuk melihat secara langsung tanaman-tanaman obat yang ditanam dan di pergunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan produk jamu Nyonya Meneer. Mahasiswapun diberi sampel produk jamu unggulan Nyonya Meneer dan dapat pula membeli produk olahannya baik dalam bentuk jamu atau ice cream jamu yang tersedia di store Nyonya Meneer yang tersedia disana.
Image
Image
Setelah praktikum selesai dilaksanakan, pada hari ke dua dilanjutkan berwisata di area Semarang dan sekitarnya yaitu Lawangsewu, Candi Gedung Songo, dan International Batik Center.

Image
ImageImage