ABANG MBRANANG HIMASAE ???


Yaa itulah acara bina desa himasae tahun 2014, tahun ini Himasae mengadakan bina desa kembali, bina desa dilaksanakan di dusun Pesawahan desa Gunung Lurah kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas yang melibatkan anggota Himasae sebagai peserta. Abang Mbranang HIMASAE sendiri merupakan kepanjangan dari Ayuh Bangkit Mbangun Desa Sesarengan HIMASAE, yang berarti ayo kita bangkit membangun desa bareng-bareng HIMASAE. Bina desa di  mulai pada tanggal 23-25 Mei 2014, sebelum dilaksanakan bina desa kita mengadakan TM terlebih dahulu pada tanggal 19 Mei.






Pada tanggal 23 Mei 2014 Acara Bina Desa “ABANG MBRANANG HIMASAE” resmi dibuka. Pembukaan di lakukan di lapangan voli fakultas pertanian yang di hadiri oleh PD 3 atau yang mewakili,presidium BEM Kema,tamu undangan dari hima unit, & peserta bina desa ini.


               
Setelah acara bina desa ini resmi dibuka, para peserta segera di berangkatkan ke desa binaan yaitu di Dusun Pesawahan desa Gunung Lurah kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, mereka sangat antusias sekali pada saat di perjalan menuju desa binaan.



Setibanya di desa pesawahan kami di sambut dengan baik oleh warga disana, mereka sangat ramah sekali & anak-anak kecilnya pun mudah akrab dengan kami, sehingga kami pun tidak canggung untuk dekat dengan mereka.





Pada malam harinya, kami makan malam bersama sekaligus adanya sambutan dari Bapak RW sebagai perwakilan dari desa binaan tersebut dalam rangka penerimaan kami d desa tersebut. Setelah acara selesai akhirnya para peserta & panitia tidur di rumah warga yang sudah di siapkan terlebih dahulu.





Pada hari Sabtu tanggal 24 mei 2014 himasae yang bekerja sama dengan dompet duafa menyelanggarakan pengobatan gratis untuk warga yang membutuhkan,pengobatan gratis ini di mulai dari pkl.09.00-pkl.11.30 yang di hadiri warga desa binaan.






Kemudia pada pukul 13.00 WIB himasae dan mahasiswa fakultas kedokteran gigi melakukan edukasi kesehatan yang pesertanya adalah anak-anak di dusun pesawahan tersebut, disana anak-anak di ajarkan bagaimana cara menyikat gigi dan merawat gigi dengan baik dan benar.





Setelah edukasi kesehatan kemudian anak-anak mengikuti lomba menanam yang di pandu oleh Himasae dimana tanaman yang mereka tanam adalah bibit dari tanaman cabe dan juga terong  dan kemudian tanaman tersebut dibawa pulang oleh anak-anak.

                                                                                                
Setelah acara penanaman kita lanjut dengan kegiatan Bazar murah untuk warga dusun pesawahan,warga disana sangat antusias untuk mengikuti acara tersebut. Bazar tersebut menjajakan sembako & pakaian yang sangat murah sekali tetapi memiliki kualitas yang sangat bagus.




Pada malam harinya Himasae menghadirkan bapak Suseno untuk melakukan penyuluhan kepada warga dusun peswahan,disana bapak Suseno membahas tentang betapa pentingnyakelompok tani, khususnya kelompok tani wanita,selain membahas tentang kelompok tani bapak Suseno juga menanyakan masalah apa yang sedang di hadapi oleh dusun disana, dimana masalah tersebut adalah adanya hama yang menyerang tanaman mereka,seperti tikus dan babi hutan yang sering merusak tanaman disana. Bapak Suseno juga menawarkan jika dusun tersebut membutuhkan bantuan UNSOED siap membantu asal ada surat yang resmi. Setelah penyuluhan selesei kami semua kembali ke rumah warga dan istirahat.








Pada hari minggu 25 Mei 2014 kita semua awali dengan kegiatan senam pagi, senam pagi di pandu dengan mba Risma,Fiesta dan juga Peni. Senam dilakukan di depan halaman bapak RW dan diikuti oleh warga disana.setelah senam pagi Himasae bekerasama dengan HIMAGRITA untuk melakukan Kerja Bakti bersama warga disana,setelah kerja bakti kemudian di lanjut dengan FGD , dimana pada FGD kita mencoba memecahkan masalah yang ada di dusun pesawahan. Setelah diskusi tersebut selesai kita lanjutkan dengan simbolis penanaman pohon kelapa di deket dusun pesawahan tersebut. Kemudian untuk mengakhiri kegiatan kita melakukan hiburan dan penutupan, sebelum penutupan kami semua berpamitan terhadap warga.kemudian pada pukul 19.00 WIB kita semua kembali ke rumah masing masing.