Acara Bina Desa Gugah Geliat HIMASAE dibuka pada hari Jumat, 22 Mei 2015 pukul 10.00 hingga pukul 11.30. Setelah acara pembukaan selesai kemudian peserta diberi waktu untuk persiapan. Waktu 16.30 diberangkatkan ke Dusun Pesawahan Desa Gunung Lurah Kecamatan Cilongok Banyumas dengan menggunakan pick up. Dilanjutkan dengan acara sambut desa, saat semua peserta telah sampai di Dusun Pesawahan. Acara sambut desa berlangsung dari pukul 19.00 sampai 21.00. Dalam acara tersebut terdapat ucapan selamat datang dari perangkat desa setempat, dilanjutkan dengan makan bersama. Setelah acara selesai, kemudian pembagian rumah untuk tempat tinggal para peserta selama berada di Dusun Pesawahan.
Pada hari Sabtu, tanggal 23 Mei 2015 dimulai dengan acara praktik vertikultur bersama perwakilan UKT (Unit Klinik Tani) Fakultas Pertanian dari pukul 09.00 sampai 11.00. Praktik ini bertujuan untuk memberi edukasi anak-anakDusun Pesawahan tentang media tanam selain lahan, dimana bisa digunakan dengan media taman vertikultur.Bibit yang digunakan dalam menanam ini yaitu bibit pakcoy.Teknisnya yaitu peserta dan anak-anak Dusun Pesawahan yang ada dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 4 orang.Baik peserta dan anak-anak sangat berantusias dengan adanya praktik vertikultur ini, telihat banyaknya anak-anak yang datang saat acara praktik dimulai hingga selesai.Berlanjut pukul 13.00 sampai 15.00 yaitu edukasi praktik pengolahan pupuk padat bersama perwakilan UKT (Unit Klinik Tani) Fakultas Pertanian. Edukasi ini berisi mengenai cara membuat pupuk kandang dari bahan-bahan yang berasal dari kotoran ternak yang dapat diperolah dari warga sekitar yang memelihara ternak.  Tidak hanya mendengarkan penjelasan saja, namun langsung praktik membuat, edukasi pertanian ini diikuti oleh warga Dusun Pesawahan. Setelah acara edukasi pertanian selesai, acara dilanjutkan lagi pada pukul 15.30 sampai 17.30, yaitu bazar murah. Bazar murah ini menyediakan sembako dan pakaian-pakaian yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau oleh warga sekitar. Acara terakhir yang dilaksanakan pada hari sabtu yaitu hiburan rakyat yang dilaksanakan pada pukul 19.30 sampai 21.00, dengan pengisi acara dari Hadroh.
Acara Bina Desa kembali dilanjutkan pada hari Minggu tanggal 24 Mei 2015. Acara pertama di hari Minggu dimulai pada pukul 06.30 sampai 08.00 yaitu kerja bakti yang diikuti oleh peserta Bina Desa dan panitia Bina Desa. Setelah kerja bakti kemudian dilanjutkan pada pukul 09.00 sampai 11.00 diadakan praktik pengolahan keripik pisang yang diikuti oleh ibu-ibu dari Dusun Pesawahandan dilanjutpengemasan dan labeling.Acara terakhir di hari minggu yaitu penutupan dan pamit yang dimulai dari pukul 12.30 sampai 13.00. Dalam acara ini terdapat sambutan dari perangkat desa dan ucapan terimakasih dari pihak panitia dan HIMASAE, yang dihadiri oleh seluruh Peserta dan Panitia Bina Desa serta warga sekitar.

Upacara Pembukaan Bina Desa Gugah Geliat Himasae
Proses pelatihan pembuatan pupuk 

Pemaparan mengenai proses pembuatan pupuk oleh teman-teman UKT

Proses pembuatan tanaman holtikultur
Foto bersama warga Gunung Lurah