MUKERNAS XIII POPMASEPI
Salam Profesi!!!
Salam Profesi!!!
Salam Profesi!!!
POPMASEPI, , , Jaya!!!



Mukernas (Musyawarah Kerja Nasional) XIII POPMASEPI (Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia) merupakan salah satu event terbesar yang diselenggarakan oleh POPMASEPI. Mukernas ini bertujuan untuk membahas program kerja periode kepengurusan DPP (Dewan Pengurus Pusat) POPMASEPI yang baru, yaitu Periode 2015-2017. Mukernas XIII POPMASEPI kali ini diselenggarakan disalah satu universitas di kota pelajar, Yogyakarta, yaitu INSTIPER Yogyakarta pada tanggal 14-17 Januari 2016.
Mukernas kali ini dihadiri oleh 41 Universitas di seluruh Indonesia, jumlah ini hampir setengah jumlah dari Anggota Tetap maupun Anggota sementara POPMASEPI di seluruh Indonesia. HIMASAE dan HIMAGRITA merupakan salah satu anggota tetap POPMASEPI yang menghadiri Mukernas XIII POPMASEPI di INSTIPER Yogyakarta. HIMASAE mendelegasinya sebanyak 10 orang ke Mukernas XIII POPMASEPI di INSTIPER Yogyakarta di antaranya ada Sdr.Luthfi Adi, Wibowo, Rizki M Noor, Ramzi Balfas, Reza Destianto, Fathia Nazhofa, Nurfahmi Fadhillah, Muklis Syuhada, Aep Sumantri, Lina, Indah Siwi, Wahid Fajri, M.Azaniel, dan Lazuardi.
Pada hari pertama, 14 Januari 2016 kami para delegasi mengikuti rangkaian acara Mukernas XIII POPMASEPI yang pertama, yaitu Seminar Nasional dengan pembicara yang luar biasa, antara lain Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP (Menteri Partanian RI), Dr. Ir. Purwadi, MS. (Rektor INSTIPER), Ir. H. E Herman Khaeron (Wakil Ketua Komisi IV DPR RI), Dr. H. Boyke Setiawan Soerattin., SP,MM,Agr (Ketua PISPI Jabodetabek). Seminar Nasional ini bertemmakan “Kesiapan Perkebunan Kelawap Sawit Menghadapi MEA”. Kegiatan selanjutnya adalah Talkshow POPMASEPI dengan tema “POPMASEPI Dulu, Kini, dan Nanti”, pembicara talkshow kali ini antara lain, Dr. Jangkung Handoyo Mulyo, S.P,M.Ec, beliau adalah ketua umum pertama POPMASEPI 1990-1992 sekaligus salah satu deklarator/pendiri POPMASEPI. Ahmad Jazilil Mustopa (Demisioner Ketua DPP POPMASEPI periode 2013-2015, Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta), Muhammad Ikhsan Aziz (Ketua DPP terpilih POPMASEPI Periode 2015-2017, Mahasiswa UNHAS, Makassar), dan Supriyatna (Ketua MPA terpilih POPMASEPI Periode 2015-2017, Mahasiswa UNSWAGATI, Cirebon). Talkshow ini membecirakan tentang POPMASEPI zaman dulu, kini, dan harapan kedepan nya sebagai oraganisasi nasional satu-satunya untuk mahasiswa social ekonomi pertanian yang ada.


Kegiatan selanjutnya setelah talkshow adalah diskusi nasional yang bertemakan “Problematika Indonesia, Bisakah POPMASEPI Menjawab”. Diskusi ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yanga ada di 6 Daerah POPMASEPI Wilayah (DPW). Permasalahan yang dimiliki tiap DPW beragam, mulai dari sengketa lahan, alih fungsi lahan, sector pertanian yang masih belum diperhatikan oleh pemerintah setempet, dll. Dengan mengetahui permasalahan ini, harapannya POPMASEPI dapat memberikan perubahan yang lebih baik kedepan nya, dan Sekjen DPP POPMASEPI Muh. Yusuf Utama Siri (UNHAS) mengatakan bahwa POPMASEPI mampu dan sanggup menjawab problematika yang ada di Indonesia. Pada malam hari, dilaksanakan semacam welcoming party, dimana acara ini diisi dengan hiburan hiburan yang mampu saling mengakbrabkan para delegasi POPMASEPI dari berbaagai wilayah.
Hari kedua, 15 Januari 2016. Hari kedua ini para delegasi sudah berada di tempat berjalan nya acara Musyawarah Kerja Nasional POPMASEPI yang berlokasi di Youth Center Yogyakarta. Kegiatan pertama yaitu pembentukan dan pelantikan pengurus DPP POPMASEPI periode 2015-2017 lalu dilanjut dengan Sideng Pleno I, sidang ini membahas tentang agenda siding MUKERNAS XIII POPMASEPI, tata tertib sidang MUKERNAS XIII POPMASEPI, tata aturan pemilihan presidium tetap, dan pemilihan presidium tetap MUKERNAS XIII POPMASEPI dengan ketiga presidium Mukernas kali ini wanita-wanita tanggung yang berasal dari UNAND (Andalas, Padang), UNS Surakarta, dan Universitas Brawijaya). Sidang Pleno I berjalan sangat alot dan lama karena pada sidang ini banyak sekali adu argument dari para delegasi, jika dibandingkan dengan Musang HIMA/UNIT di Faperta? Hahaha, musang himaunit di faperta tidak ada apa-apanya, disinilah pebelajaran yang berarti menurut para delegasi, dimana mereka bisa mngetahui cara berargumen yang baik dan benar, merka menjadi termotivasi untuk memiliki kemampuan berbicara didepan orang banyak dengan baik, dll.


Hari ketiga, 16 Januari 2016. Hari kedua ini melanjutkan sidang plenoI yang belom selesai dan membahas sidang pleno II. Pembahasan dalam sidang pleno II antara lain, pambacaan AD/ART POPMASEPI, pembacaan GBHO POPMASEPI, pembacaan rekomendasi MUNAS XIII POPMASEPI, dan penyusunan serta penyelarasan Program Kerja POPMASEPI. Pada sidang pleno II ini lebih kepada pemaparan program kerja DPP POPMASEPI selama periode kepengurusan 2 tahun kedepan. Sidang pleno II ini menghasilkan sebagai berikut:
1.      PADMAKSATRIA 7 akan diselenggarakan di UNPAD Bandung pada bulan Mei 2016
2.      PKPP (Bina Desa Tingkat Nasional) akan diselenggarakan di Universitas Mulawarman Kalimantan pada bulan September 2016
3.      PADMAKSATRIA 8 akan diselenggarakan di UMM Malang pada bulan April-Mei 2017
4.      PIMNAS dan RAKORNAS akan diselenggarakan di Universitas Bengkulu pada bulan Desember 2016.
Hari keempat, 17 Januari 2016. Hari keempat atau hari terakhir ini agenda utamanya adalah fieldtrip. Sebelum fieldtrip kami para delegasi mengikuti rangkaian penutupan MUKERNAS XIII POPMASEPI dan pemberian kenang-kenangan dari INSTIPER kepada para delegasi atau sebaliknya. Fieldtrip kali ini mengunjungi Candi Prambanan, Pusat Oleh-oleh Yogyakarta, dan Pasar Malioboro pada malam harinya. Fieldtrip ini membuat kita semakin mengenal satu sama lain para delegasi dari seluruh Indonesia, mulai dari Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, bahkan Bali. Sungguh luar biasa bisa bertemu dan mengenal mereka, mudah mudahan ini merupakan awal terjalin nya tali silahturahmi bagi kita para mahasiswa social ekonomi pertanian di seluruh Indonesia dan berharap kami bisa bersinergi untuk bersama-sama membawa kemajuan dan kejayaan bagi pertanian Indonesia.   


Layaknya ayam bertemu ayam, karena kita adalah mahasiswa yang berbeda-beda dari seluruh Indonesia dengan semboyan POPMASEPI “Sambung Nalar Lintas Almamater” menjadikan perbedaan yang ada bukan lah sebagai suatu halangan atau masalah, namun menjadikan kami, mahasiswa social ekonomi pertanian Indonesia menjadi yakin, dengan perbedaan ini lah, kami bisa memberikan kemajuan dan kejayaan untuk pertanian Indonesia ke depan nya. Saya mengajak mahasiswa social ekonomi pertanian yang berada dalam lingkup fakultas pertanian UNSOED untuk bergabung dan berpartisipasi bersama kami di POPMASEPI dan kegiatan POPMASEPI selanjutnya, kami menunggu kedatangan teman-teman dan antusian teman-teman untuk bergabung dengan kami.

Salam Profesi!!!
Salam Profesi!!!
Salam Profesi!!!
POPMASEPI,,, Jaya!!!

Kesan delegasi Himasae :
Wibowo : “Tidak lah rugi dan menyesal ikut kegiatan tersebut karena kita mendapatkan pengalaman, wawasan, dan teman" yang baru. Sampai jumpa di kegiatan POPMASEPI lainnya. Salam Profesi!!! POPMASEPI Jaya!”
Wahid : ”Acara mukernas merupakan ajang adu pendapat menurut saya. Banyak orang-orang hebat di dalamnya. Acaranya sangat menarik dan menjadi motivasi buat saya agar dapat mengemukakan pendapat di depan umum”

Lina : “Saya manfaatkan kesempatan itu untuk berani dan belajar berbicara di depan orang banyak se Indonesia. Terimakasih Instiper yang sudah melaksanakannya dengan baik, menjadi sarana bagi kami untuk bertemu, bertukar pikiran dan pengalaman.”