AGRICULTURE LEADERSHIP CAMP 2016

Saya Claudia Hapsari merupakan delegasi dari HIMASAE untuk mengikuti kegiatan ALC yang diadakan oleh BEM KEMA FAPERTA dalam rangka Dies Natalis FAPERTA. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 3-6 November 2016 di kecamatan Cilongok desa Sokawera.
            Disini saya akan menceritakan mengenai kegiatan ALC yang saya ikuti. Saya dan teman-teman delegasi dari hima unit lainnya berkumpul pada tanggal 3 di Gedung TP tepat pukul 4 sore untuk menghadiri pembukaan ALC disertai dengan penjelasan beberapa hal dari pihak panitia,kemudian kami berangkat pukul 18.30 menuju desa Sokawera menggunakan truk TNI. Perjalanan cukup jauh dengan jalan yang sedikit ekstrim karena harus naik kearah seperti hutan. Kami tiba disana sekitar pukul 19.00 lalu kami berkumpul di pendopo milik salah satu pesantren di desa sokawera. Kami dipersilahkan untuk sholat isya dan makan malam disana lalu dilanjutkan dengan pembagian kelompok rumah serta RT RW dari panitia. Kebetulah saya satu rumah dengan Ncis delegasi dari UOR dan satu RT dengan Arief,Allam,Agus,Ariq dan Azdkiya. Setelah pembagian kelompok,terlihat bapak-bapak serta ibu-ibu warga desa mulai datang,ternyata merekalah yang akan menjadi orang tua angkat kami selama ALC. Dan saya pun bertemu orang tua angkat saya bernama Bapak Mudasir lalu saya,ncis dan bapak pun jalan pulang menuju rumah dan kami disambut hangat oleh ibu dan kakak angkat saya bernama mba Isti,malam itu kami berbincang-bincang sambil menikmati hangatnya teh manis ditengah hawa malam yang dingin. Sekitar pukul 10 atau 11 kami pun ber istirahat.
Delegasi ALC dan Panitia ALC 2016
            Pada hari kedua tanggal 4,saya dan ncis bangun pagi dan membantu ibu dan mba dengan membantu memasak makanan untuk sarapan serta makan siang keluarga. Keluarga angkat saya memiliki 6 anak tetapi sudah memiliki rumah sendiri2,hanya ada Amel adik paling kecil yang masih SMP yang tinggal bersama bapak ibu,yang lainya mempunyai rumah sendiri didekat ruamah ibu bapak,termasuk mba isti. Hari pertama kami banyak diisi dengan saling bercakap mengenai gula organik,kondisii desa hingga hal2 lucu. Lalu pada pukul 3 semua delegasi berkumpul di pendopo untuk mendapatkan materi mengenai leadership dan organisasi dari mantan presbem unsoedn 2014 dan dari tokoh masyarakat desa sokawera. Pemberian materi usai sekitar pukul 10.00 malam dan kamipun pulang kerumah masing-masing.
            Tanggal 5 atau hari ketiga saya dan ncis membantu bapak ibu membersihkan rumah dan membantuk membuat gula organik sambil berbincang mengenai kendala pengolahan gula ini,pada saat inilah saya merasa bagaimana kehidupan para petani yang sebenarnya. Lalu pada siang dan malam hari kami (semua delegasi) berdiskusi mengenai permasalahan gula organik yang ada di desa sokawera tersebut sehingga mendapatkan satu permasalahan yaitu mengenai kebersihan pengolahan,diskusi itu berjalan alot hingga baru selesai pada pukul 11.00 malam.
            Hari terakhir pun tiba,dipagi hari seperti biasa kami bersiap2 dan mengunjungi rumah warga-warga sekitar untuk mengundang mereka untuk mengikuti sosialisasi yang akan kelompok kami adakan mengenai permasalahaan gula organik. Saya pun berkunjung dan berbincang-bicang dengan banyak warga,mereka semua sangat baik dan penuh perhatian. Saatnya sosialisasipun dimulai pada pukul 9 hingga pukul 11 siang. Pada sosialisasi tersebut terdapat sekitar 9 orang warga beserta pak RT setempat. Kami berbincang mengenai koperasi,kelompok tani,hingga masalah kebersihan pengolahan. Kami sebagai mahasiswa pun berusaha memberi bantuan berupa saran mengenai koperasi dengan memperbaiki hubungan para petani dengan pihak koperasi dan pemberian penjelasan pentingnya kelompok tani untuk memperkuat petani dan kebersihan pengolahan yang dapat menunjang kualitas serta harga dari produk gula organik itu sendiri. Setelah selesai sosialisasipun kami sekaligus berpamitan dengan warga sekitar. Saya kembali kerumah orang tua angkat saya dan saya berpamitan dengan keluarga dengan berat hati saya harus pulang,mereka pun tak henti-hentinya memeluk saya dan mengatakan saya harus kembali lagi kesini suatu saat nanti. Lalu semua delegasipun berkumpul di pendopo jam 1 dan dilanjtukan dengan acara penutupan dan foto bersama,dan kamipun pulang pada pukul 15.00 dan sampai dikampus gedung TP pada jam 16.00.

            Dapat saya simpulkan bahwa kegiatan ALC sangat berkesan bagi saya,karena saya benar-benar mengalami bagaimana hidup dengan para petani dan itu merupakan pengalaman pertama saya. Bagaimana bersosialisasi dengan warga dengan baik lalu bagaimana saya dapat berperan aktif dalam membantu warga sekitar.