Acara Bina Desa HIMASAE “Sowan Ndeso Bebarengan” dibuka pada hari Jumat, 7 April 2017 pukul 14.30 hingga pukul 15.15. Setelah acara pembukaan selesai kemudian panitia menaikkan barang bawaan peserta dan kebutuhan panitia ke mobil pick up.
Lokasi Awal
Pada pukul 15.30 peserta diberangkatkan menuju Dusun Pesawahan Desa Gunung Lurah Kecamatan Cilongok Banyumas dengan menggunakan mobil pick up. Peserta sampai di Dusun Pesawahan pukul 17.15 dan sesampainya di lokasi kegiatan peserta di istirahatkan di musola Rt 04 sembari menunggu untuk melakukan kewajiban solat mahrib. Setelah peserta menjalankan solat mahrib pada pukul 18.30, peserta di bagikan ke rumah masing masing induk semang dengan masing masing LOnya dan di persilahkan untuk melakukan kegiatan dialog bersama induk semang dan makan bersama induk semang yang di lanjutkan dengan tidur.

Pada hari Sabtu 8 April 2017,  kegiatan di mulai pada pukul 05.30 dengan peserta melakukan senam pagi bersama panitia dengan lokasi di belakang musola Rt 06 dampai dengan pukul 06.30. Setelah para peserta melakukan senam pagi, lalu peserta di persilahkan untuk kembali ke rumah induk semang masing masing untuk melaksanakan sarapan sampai dengan pukul 08.00.
Kegiatan Senam Bersama

Kegiatan Senam Bersama
Setelah melaksanakan sarapan lalu peserta di kumpulkan kembali di belakang musola Rt 05 pada pukul 08.15 untuk melaksanakan kegiatan pemberantasan hama babi hutan yang di pandu oleh Bpk. Redja dan melaksanakan kegiatan bersama petani di sawah. Pada kegiatan pemberantasan hama babi cara yang di lakukan untuk pemberantasan adalah dengan menggunakan racun temik yang di masukan ke dalam telur ayam yang di pandu oleh Bpk. Redja dan di tempatkan pada hutan yg berada di dekat sawah. Untuk kegiatan bersama petani para peserta di ajaran oleh petani untuk melakukan “Gepyok” atau yg dimaksud adalah untuk memisahkan padi dari tumbuhannya karena pada saat itu sebagian besar petani di Dusun Pesawahan sedang melakukan panen.
Gepyok bersama petani
Pada pukul 11.00 peserta di perkenankan untuk pulang dari sawah dan kembali ke rumah induk semang masing masing untuk istirahat, solat dan makan. Pada pukul 15.00 peserta di kumpukan kembali di belakang musola Rt 06 untuk melaksanakan kegiatan hiburan rakyat sampai dengan pukul 17.00. pada hiburan rakyat dilakukan edukasi dengan menayangkan film dan dengan mengajak anak-anak Dusun Pesawahan untuk melakukan permainan-permainan kecil. Setelah hiburan rakyat selesai para peserta di persilahkan untuk kembali ke rumah induk semang masing masing untuk menjalankan solat mahrib. Pada pukul 19.00 sampai dengan pukul 22.00 dilaksanakan kegiatan syukuran untuk menyambut bulan Rajab dan Isra Mi’raj yang di iringi dengan hadroh oleh remaja Dusun Pesawahan serta kegiatan tersebut di hadiri oleh Kepala Desa, Kepala Dusun dan sebagian perangkatya. Pada pukul 22.00 peserta di pulangka ke rumah induk semang masing-masing untuk istirahat.

Acara Bina Desa kembali dilanjutkan pada hari Minggu tanggal 9 April 2017. Acara pertama di hari Minggu dimulai pada pukul 07.00 sampai 08.30 yaitu mengajar yang di laksanakan oleh peserta untuk mengedukasi anak-anak dusun pesawahan dengan mengajarkan cara penanaman cabai dengan baik. Setelah mengajar kemudian dilanjutkan pada pukul 08.30 sampai pukul 11.00 dengan kegiatan periksa gigi gratis yang di lakukan oleh FORMASI Unsoed. Kegiatan periksa gigi gratis di mulai dengan edukasi terkait perawatan gigi dengan baik kepada anak-anak dan orang tuanya dilanut dengan pemeriksaan kepada anak-anak tersebut.
Kegiatan Periksa Gigi

Kegiatan Periksa Gigi
Setelah periksa gigi selesai lalu peserta di persilahkan untuk pulang ke rumah induk semang masing masing dan melakukan persiapan untuk pulang di selingi dengan foto bersama dengan induk semang. Pada pukul 13.00 dilakukan penutupan yang dilaksanakan di belakang musola Rt 05 sampai dengan pukul 13.40. setelah di lakukan penutupan peserta di pulangkan ke Purwokerto pada pukul 14.00.