Bina desa DPW III dilaksakan pada hari jumat- minggu, 22-24 Desember 2017. Bina desa DPW III dilaksanakan di dusun pesawahan, desa gunung lurah, kecamataan Cilongok Banyumas. Pada tahun ini HIMASAE UNSOED menjadi tuan rumah dalam Bina Desa DPW III POPMASEPI. Acara tersebut di ikuti oleh pengurus DPW III popmasepi serta delegasi dari berbagai Himpunan Mahasiswa jurusan Sosial Ekonomi Pertanian se-Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Sosialiasi pendelegasian Bina Desa DPW III POPMASEPI dilakukan pada hari Rabu, 20 Desember 2017 yang dilakukan melalui media sosial HIMASAE dan sosialiasi langsung.  Sosialiasi tersebut meliputi terkait jadwal pendaftaran dan screening pada hari Rabu s/d Kamis, 20-21 Desember 2017. Konten screening  berisikan tentang ke-HIMASAEan, ke-POPMASEPIan, seputar acara Bina Desa DPW III POPMASEPI, dan komitmen. Sehingga HIMASAE mengirimkan dua delegasi untuk mengikuti Bina Desa DPW III, delegasi tersebut yaitu Virekha Yolanda (2016) dan Muthia Auralia (2016).
Pada tanggal 22 Desember 2017 Acara Bina Desa “DPW III SOWAN NDESO” resmi dibuka. Pembukaan dilakukan pada pukul 10.00 WIB hingga 11.30 WIB. Pembukaan di lakukan di Ruang Seminar 2 Gedung Fakultas Peternakan Universitas Jendral Soedirman yang di hadiri oleh pembina HIMASAE dan HIMAGRITA, ketua umum HIMASAE dan HIMAGRITA, ketua umum DPW III POPMASAPI (yang mewakili), ketua pelaksana, serta peserta Bina Desa. Setelah acara dibuka secara resmi kemudian adanya jeda ISOMA untuk istirahat, Solat, dan makan.
           Rangkaian acara selanjutnya yaitu dengan Seminar Nasional dengan tema “Pengembangan Sumber Daya Masyarakat Pdesaan Menuju Desa Mandiri” yang bertempat di Ruang Seminar 2 Gedung Fakultas Peternakan Universitas Jendral Soedirman. Seminar Nasional disampaikan oleh Bapak Moch Sugiarto, Phd selaku ketua Prodi Magister Penyuluhan Pertanian.  Seminar nasional juga dipandu oleh Mas Nurfahmi Fadhilah dari anggota HIMASAE angkatan 2013 sebagai moderator.
Selesainya acara seminar para peserta di persilahkan untuk menyiapkan barang bawaan dan bersiap untuk berangkat ke desa binaan. Peserta segera di berangkatkan ke desa binaan yaitu di Dusun Pesawahan desa Gunung Lurah kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Peserta berangkat dengan mobil pickup. 
          Pada hari Sabtu, 23 Desember 2017 kegiatan bina desa cukup banyak. Kegiatan diawali dengan kegiatan “Jika Aku Menjadi”, peserta mengikuti seluruh kegiatan orang tua angkat mulai pagi hingga siang hari. Kebanyakan keseharian warga desa masih didominasi dengan mencari rumput dan bertani. Kegiatan Jika Aku Menjadi membuat peserta juga merasakan dan tahu apa yang dilakukan oleh warga desa dalam kesehariannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan periksa kesehatan gratis. Panitia bekerja sama dengan mahasiswa kedokteran UNSOED untuk menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis. Pemeriksaan kesehatan gratis dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB hingga 15.30 WIB. Mulai dari anak-anak, remaja, dan orang tua dapat mengikuti pemeriksaan kesehatan grats ini. Kegiatan selanjutnya yaitu penyuluhan pasca panen pohon pisang. Penyuluhan di sampaikan oleh Mba Mallahah Fiqly Labibah selaku staff kasrat kajian strategi DPW III POPMASEPI.  Penyuluhan tersebut mengenai pemanfaatan pohon pisang dan cara pemasaran hasil pengolahan dengan bahan dasar pisang. Adanya penyuluhan ini diharapkan dapat menaikkan kesejahteraan warga desa dengan memanfaatkan pohon pisang sehingga dapat menambah kegiatan keseharian warga desa tidak hanya mencari rumput tetapi juga dapat memanfaatkan pohon pisang dengan mengelola buah atau bagian pohon pisang lainnya.
Kegiatan dilanjutkan dengan kegitan nonton bersama pada malam hari pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB. Nonton bersama ini untuk seluruh warga desa mulai dari anak-anak hingga orang tua. Film pertama yang diputar yaitu Kungfu Panda dan dilanjutkan dengan film Naga Bonar.

Pada hari Minggu, 25 Desember 2017 adalah hari terakhir acara bina desa. Kegiatan pada hari ini dimulai dari pukul 04.00 WIB hingga 06.00 WIB. Seluruh peserta berkumpul pada pukul 04.00 WIB untuk bersiap jalan ke bukit. Kegiatan dipagi ini yaitu jalan-jalan ke bukit untuk melihat sunrise yang jaraknya tidak begitu jauh dengan pemukiman warga desa. 
Kegiatan selanjutnya yaitu penanaman pohon bersama pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Tiap satu rumah warga desa diberi satu benih pohon pisang untuk di tanam di pekarangan atau halaman rumah. Peserta ikut menanam benih pohon pisang bersama dengan orang tua angkatnya masing-masing.
Acara yang terakhir yaitu diadakan nya field trip ke sekitar desa tersebut. Field trip tersebut bertujuan agar semakin kenal dengan lingkungan alam sekitar desa tersebut dan agar menjalin kebersamaan dan meningkatkan rasa kekeluargaan diantara warga, peserta, panitia dan pengurus sendiri. Field trip dilakukan di aliran sungai yang berada di daerah pesawahan desa gunung lurah.
Acara field trip merupakan kegiatan di penghujung acara Bina Desa. Acara Bina Desa di akhiri dengan penutupan yang dihadiri oleh seluruh peserta dan warga desa. Kemudian peserta berpamitan dengan warga desa dan foto bersama orang tua angkat dan housemate masing-masing rumah. Peserta pun bersiap kembali pulang bersama-sama dengan mobil pickup. Harapan dari serangkaian acara Bina Desa DPW III POPMASEPI agar dapat membagi ilmu pertanian yang didapat dari bangku perkuliahan kepada warga desa, menerapkan tridarma perguruan tinggi, serta  menjalin hubungan yang baik antar peserta delegasi, pengurus DPW III POPMASEPI dan warga desa binaan tersebut.