Hari ulang tahun merupakan hari yang spesial, tidak terkecuali untuk sebuah organisasi seperti HIMASAE yang berdiri pada tanggal 27 Maret 1987 dan pada tahun ini kembali memperingati hari jadinya ke-31. DIES NATALIS HIMASAE yang ke-31 ini diberi nama “ATLANTIC “(Make a Memorable Story on Thirty One Anniversary of HIMASAE with a Solid Togetherness) dengan tema “Pererat Kekeluargaan dan Tingkatkan Kepekaan Sosial Serta Keterampilan Melalui Karya, Sportifitas, dan Aksi Positif”. DIES NATALIS HIMASAE yang ke-31 ini terdiri serangkaian kegiatan yaitu Opening Ceremony, Donor Darah, PORSAE, Bakti Sosial, dan Closing Ceremony.  Serangkaian kegiatan DIES NATALIS HIMASAE yang ke-31 dilaksanakan sesuai rencana yaitu dari tanggal 02 Maret - 31 Maret 2018.
Opening Ceremony atau pembukaan DIES NATALIS HIMASAE yang ke-31 dilaksanakan di Auditorium Fakultas Pertanian UNSOED pada tanggal 02 Maret 2018. Acara diawali dengan pembukaan oleh mc, menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia, Ketua Umum HIMASAE, Presidium I MUSKEMA FAPERTA dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.  Acara opening dibuka secara simbolik oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Ir. Siswantoro., M.P kemudian dilanjutkan pembacaan. Acara dilanjutkan dengan parade dari teman-teman panitia untuk menunjukan konten-konten apa saja yang ada di Diesnatalis HIMASAE ke-31 ini. Opening Ceremony ditutup oleh mc setelah pemutaran video kemeriahan diesnat tahun lalu.
Pertandingan Voli                                                      
Pada tanggal 07, 09, 10 dan 13 Maret 2018 pukul 16.00 dilaksanakan pertandingan voli yang bertempat di lapangan voli Fakultas Ilmu Kesehatan dan lapangan voli Fakultas Perikanan. Pertandingan voli menggunakan sistem tim yang 1 tim terdiri dari 6 orang gabungan putra-putri. Pertandingan voli dimenangkan oleh angkatan 2014++. Kendala yang dihadapi yaitu faktor cuaca menghambat keberlangsungan pertandingan, contohnya hujan menyebabkan arena pertandingan menjadi basah dan banyak genangan air sehingga menyulitkan ruang gerak.
Pertandingan Sepakbola
Pada tanggal 10 Maret pukul 08.00, dan 11 Maret 2018 pukul 14.00 dilaksanakan pertandingan sepak bola yang bertempat di lapangan SPN Purwokerto. Pertandingan sepak bola dimenangkan oleh  angkatan 2017. Kendala yang dihadapi yaitu anggota yang hadir sedikit dikarenakan tempat pertandingan yang jaraknya cukup jauh.
Pertandingan Futsal
Pada tanggal 18 Maret 2018 pukul 10.00 dilaksanakan pertandingan futsal yang bertempat di lapangan futsal Petro.  Pertandingan dimenangkan oleh angkatan 2017.
Pertandingan Bola Basket
Pada tanggal 13 Maret pukul 17.00, 15 Maret pukul 17.00 dan 26 Maret 2018 pukul 16.00 pertandingan bola basket yang bertempat di lapangan basket Soemardjito. Pertandingan kategori putra yang dimenangkan angkatan 2015 dan kategori putri yang dimenangkan angkatan 2016. Kendala yang dihadapi yaitu faktor cuaca yang menghambat berlangsungnya acara.
Pertandingan Vocal Grup
Tanggal 19 Maret 2018 pukul 15.45 perlombaan vocal grup yang bertempat di Auditorium Fakultas Pertanian. Perlombaan tersebut dimenangkan oleh angkatan 2014++.
Pertandingan Melukis
Tanggal 14 Maret 2018 pukul 15.45 perlombaan vocal grup yang bertempat di B.2.08 Fakultas Pertanian. Perlombaan tersebut dimenangkan oleh angkatan 2017.
Serangkaian kegiatan selanjutnya yaitu  Donor Darah yang dilaksanakan di Pendopo Fakultas Pertanian UNSOED pada tanggal 05 Maret 2018. Kegiatan yang berlangsung dari jam 13.00-17.00 ini bekerja sama dengan PMI Purwokerto dan terbuka untuk Civitas akademika Universitas Jenderal Soedirman .
Kegiatan Bakti Sosial
Serangkaian kegiatan berikutnya yaitu Bakti Sosial yang dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2018 di Panti Asuhan Al-Maa’uun yang dimulai pukul 16.30 dan pukul 22.00 di area Pasar Wage dan Kebon Dalem untuk melaksanakan HIMASAE turun ke jalan. Baksos di Panti Asuhan Al-Maa’uun diisi dengan kegiatan sharing cita-cita, pemutaran video edukasi serta berbagi alat tulis untuk anak-anak panti asuhan tersebut. Dalam baksos tersebut juga dilakukan kegiatan sholat maghrib dan isya berjamaah, sambutan-sambutan, pemotongan tumpeng, pembacaan doa dan  makan bersama. Bakti Sosial HIMASAE turun ke jalan diisi dengan kegiatan membagikan makan besar kepada tunawisma dan orang-orang yang membutuhkan.
Closing Ceremony Diesnatalis HIMASAE
Setelah melalui serangkaian kegiatan DIESNATALIS HIMASAE, tiba saatnya merayakan Closing Ceremony  atau penutupan dari serangkaian kegiatan DIES NATALIS HIMASAE yang ke-31 yaitu dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2018 dan bertempat di Parkiran Dosen A Fakultas Pertanian. Acara formal dalam Closing Ceremony dimulai dengan pembukaan oleh mc dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yaitu oleh Ketua Panitia, Ketua Umum Himasae dan Presidium I BEM KEMA FAPERTA yang diwakilkan oleh Presidium II BEM KEMA FAPERTA. Acara formal dalam Closing Ceremony telah selesai.
Selanjutnya acara informal dalam Closing Ceremony di isi dengan penampilan pentas seni per-angkatan yaitu angkatan 2017, 2016, 2015, dan 2014++ yang diselingi dengan pemberian hadiah untuk pemenang pertandingan PORSAE, serta penampilan Guest Star yaitu Band pop Partikel, Freshgraduate band, dan Holygrave band. Penampilan panitia berupa Live Show Aftermovie dan pemutaran video dari rangkaian Diesnat opening sampai closing juga ikut meramaikan acara malam puncak. Semua kegiatan tersebut berlangsung meriah.