Organisasi adalah suatu perkumpulan orang-orang dengan berbagai ide, sifat, dan karakter yang terkumpul menjadi satu dan memiliki visi misi yang sama. Sama halnya seperti Himpunan Mahasiswa Sosio Agroekonomika atau yang biasa disebut  HIMASAE. Mahasiswa selain diharuskan memiliki akademik yang bagus, juga tidak kalah pentingnya softskill organisasi yang jarang di dapatkan pada kegiatan perkuliahan.

“PEGASUS 2019”  (Pelatihan untuk mengembangkan potensi melalui organisasi) dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 November 2019 di gedung D.2.08 Fakultas  Pertanian, dengan jumlah peserta yang datang sebanyak 67 peserta. Pembukaan acara PEGASUS 2019 dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pemotongan pita sebagai simbolis dibukanya kegiatan  PEGASUS 2019 oleh wakil dekan III (bidang kemahasiswaan dan alumni) Ir. Siswantoro, MP. Kemudian acara dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan yang pertama yaitu Talkshow pada pukul 09.10-10.10 WIB. Talkshow PEGASUS 2019  terkait organisasi disampaikan oleh Arif Imam Mahmud dari demisioner HIMASAE angkatan 2008 sebagai pembicara dan dipandu oleh Dean Azhar Faza dari demisioner HIMASAE amgkatan 2016 sebagai moderator. Garis besar yag disampaikan dalam konten Talkshow terkait organisasi.

Garis besar yang dibahas dalam konten Talkshow ini dapat membuka wawasan peserta. Wawasan terkait  penting, manfaat dan bagaimana cara berorganisasi dengan baik yang diharapkan peserta PEGASUS 2019 ini dapat tumbuh dan sadar akan pentingnya organisasi. Apresiasipun diberikan kepada mas Dean dan mas Arif berupa Piagam penghargaan., pemberian cinderamata kepada pembicara dan moderator menandakan berakhirnya Talkshow terkait organisasi.

Rangkaian kegiatan kedua yaitu Talkshow terkait Public Speaking dan kepercayaan diri dilaksanakan pada pukul 10.20-11.20 WIB yang disampaikan oleh Ramzi dari demisioner HIMASAE angkatan 2014. Garis besar yang disampaikan dalam konten Talkshow ini adalah terkait Public Speaking dan kepercayaan diri.

Garis besar yang dibahas dalam konten Talkshow dapat membuka wawasan dan melatih peserta terkait pentingnya, manfaat, teknik public speaking yang baik dan kepercayaan diri. Apresiasipun diberikan kepada mas Ramzi selaku pembicara, pemberian cinderamat kepada pembicara menandakan berakhirnya Talkshow.

Rangkaian kegiatan ketiga yaitu simulasi kepanitiaan dilaksanakan pada pukul 12.50-14.15 WIB. Seluruh peserta yang hadir dibagi menjadi 10 kelompok menjadi bidang-bidang di kepanitiaan yaitu Ketua, korlap, sekertaris, bendahara, acara, humas, konsumsi, ppdd, usaha dana dan perkap yang berisikan  6-7 orang disetiap kelompoknya kecuali ketua, korlap, sekertaris dan bendahara.  Masing-masing kelompok didampingi oleh pengarah simulasi kepanitiaan tiap bidangnya yaitu mas Dika, mas Dani, mba Rezky, mas Banyu, mba Kiki, mba Lulu, dan mba Tata. Pengarahan tersebut berisi tentang jobdesk tiap bidangnya dalam kepanitiaan. Setelah pengarahan, peserta melakukan perumusan mengenai kepanitiaan makrab. Hasil perumusan di sampaikan dengan simulasi rapat besar dengan pemaparan tiap bidangnya dan sesi Tanya jawab.

Rangkaian kegiatan ke empat yaitu duduk bareng yang dilaksanakan pada pukul 14.20-15.55 WIB. Seluruh peserta PEGASUS 2019 dibagi menjadi 10 kelompok yang berisikan  6-7 orang disetiap kelompoknya. Duduk bareng diisi oleh demisioner HIMASAE angkatan 2016 sebagai center dan didampingi oleh pengurus HIMASAE angkatan 2017 dan 2018 sebagai notulen. Materi yang disampaikan kepada peerta PEGASUS 2019 dikemas dengan duduk bersama mas dan mba demisioner dan bercerita, berbagai pengalaman dan ilmu seperti seorang kakak yang membimbing adiknya. Tidak lupa penekanan akan pentingnya berorganisasi kepada peserta PEGASUS 2019 yang diharapkan para peserta dapat menumbuhkan dan mengembangkan kesadran serta minat peerta terhadap organisasi.

Rangkaian kegiatan terakhir adalah penutupan, mas Erwin Dwi Kurniawan selaku ketua umum HIMASAE menyampaikan sedikit motivasi dan memberikan penekanan akan pentingnya berorganisasi khusunya di HIMASAE itu sendiri. Serta ucapan “ selamat berproses di HIMASAE “.