Bina Desa merupakan suatu program kerja atau kegiatan kemanusiaan dari bidang pengabdian masyarakat HIMASAE yang memiliki tujuan untuk membangun hubungan antara mahasiswa S1 Agribisnis dengan masyarakat. Bina Desa kali ini dilaksanakan di Desa Gununglurah lebih tepatnya Dusun Dukuh Dai dan Dusun Pesawahan. Kegiatan Bina Desa dilakukan pada tanggal 18 Februari, 20 Februari, 24 Februari dan 25 Februari 2024. 

Rangkaian Bina Desa yang pertama dimulai dengan kegiatan FGD (forum group discussion) yang dilakukan pada tanggal 18 Februari 2024 bertempatan di Rumah Bu Warsito, Dusun Dukuh Dai Desa Gununglurah Kec. Cilongok, Kab. Banyumas. Kegiatan dimulai pada pukul 09.45 WIB dengan sambutan dari ketua pelaksana Bina Desa 2024 Musabbikhan, kemudian dilanjut dengan sambutan dari kepala bidang dan ketua umum HIMASAE. Setelah itu, dilaksanakan FGD (forum group discussion) dengan warga Dusun Dukuh Dai yang berjumlah 18 orang. Lalu, kagiatan di tutup dengan foto bersama.

Rangkaian kegiatan Bina Desa selanjutnya yaitu Pelatihan Penanaman dan Perawatan Pohon Alpukat yang dilakukan pada tanggal 20 Februari 2024 bertempatan di Banjarsari Kulon Kec. Sumbang, Kab. Banyumas. Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan kolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas. Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB yang dibuka oleh pihak Dinas Pertanian Kabupaten Banyumas. Kegiatan selanjutnya yaitu pemaparan materi, dilanjut dengan praktek penanaman, dan perawatan pohon alpukat yang dipandu oleh bapak Marko dan diikuti oleh para volunteer. Kemudian, kegiatan ditutup pada pukul 12.00 WIB ditandai dengan penyerahan plakat dan penutupan secara simbolis.


 

Tanggal 24-25 Februari 2024 merupakan kegiatan utama dari Bina Desa. Pada tanggal 24 Februari kegiatan Bina Desa terpusatkan pada Dusun Dukuh Dai, Desa Gununglurah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB yaitu pembukaan oleh kepala bidang kemudian dilanjut dengan pembagian kelompok. Setelah itu, kelompok tersebut diarahkan ke rumah-rumah warga yang sudah di tentukan untuk melakukan kegiatan Bina Desa yang berfokuskan pada perawatan pohon alpukat baik dari pruning (pemangjasan), pemupukan, dan penyemprotan hama. Setelah kegiatan selesai, panitia dan volunteer dikumpulkan pada satu titik yaitu dirumah Bu Warsito untuk melakukan ishoma, yang dilanjut dengan penutupan Bina Desa hari pertama.

Pada tanggal 25 Februari kegiatan Bina Desa terpusatkan pada Dusun Pesawahan, Desa Gununglurah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas yang dimulai pada pukul 09.00 WIB panitia dan volunteer kumpul di rumah Bu Warsito. Selanjutnya pada pukul 09.30 WIB keberangkatan menuju Dusun Pesawahan untuk melakukan perawatan pada pohon alpukat. Setelah melakukan perawatan pada pohon alpukat, kegiatan selanjutnya yaitu istirahat dan makan bersama, kemudian dilanjut dengan free time atau seru-seruan dengan menikmati alam. Setelah selesai, seluruh panitia dan volunteer diperkenankan pulang bersama. Rangkaian kegiatan Bina Desa 2024 pun selesai, dan dilanjut dengan kegiatan controling yang dilakukan oleh para pengurus.