Sarasehan HIMASAE berlangsung pada hari Selasa tanggal 13 Mei 2014. Kegiatan ini dimulai pada pukul 14.00 WIB. Pembukaan Sarasehan dibuka oleh saudara Haria Ramadanu sebagai Master of Ceremony (MC). Tamu undangan yang menghadiri kegiatan Sarasehan ini, antara lain :
1.             Dr. Ir. Anisur Rosyad, M.S. selaku Kepala Program Studi Agribisnis ;
2.             Ir. Dwi Purwastuti, M.Si sebagai Komisi Studi Akhir Kelas Paralel Agribisnis ;
3.             Indah Widyarini, S.P., M.Sc. sebagai Komisi Studi Akhir Kelas Reguler Agribisnis ;
4.             Dr. Ir. Agus Sutanto, M.P. sebagai Koordinator Alih Program ;
5.             Tri Pramono Adji, S.H., S.Sos. sebagai sub Bagian Akademik & Kemahasiswaan
6.             Muthalib sebagai Sub Bagian Akademik & Kemahasiswaan

Kemudian setelah pembukaan selesai dilanjutkan dengan pemaparan hasil quisioner oleh saudari Ina Mulyani. Kegiatan diskusi Sarasehan dipimpin oleh saudara Aditya Abdul Aziez Alhakim sebagai moderator. Kegiatan diskusi ini terbagi kedalam tiga sesi.
Pembicara pada sesi diskusi pertama adalah Bapak Dr. Ir. Anisur Rosyad, M.S. dan Bapak Dr. Ir. Agus Sutanto, M.P. mengenai mahasiswa kurikulum 2008 yang akan mengulang namun mulai saat ini yang berlaku adalah kurikulum baru (2013).
Pembicara pada sesi diskusi kedua adalah Bapak Mutalib dan Bapak Tri Pramono Adji, S.H., S.Sos., mengenai teknis pengaturan jadwal kuliah dari Bapendik karena kenyataan di lapangan terdapat jadwal kuliah yang bertabrakan sehingga menyulitkan mahasiswa.
Pembicara pada sesi diskusi ketiga adalah Ibu Indah Widyarini S.P., M.Sc. dan Ibu Ir. Dwi Purwastuti, M.Si, mengenai studi akhir yaitu tentang waktu studi yang bisa ditempuh untuk menyelesaikan program studi Agrbisnis di Fakultas Pertanian Unsoed. Selain itu juga mengenai mekanisme pembagian dosen pembimbing untuk kegiatan PKL dan Skripsi.


Terdapat sesi diskusi sebagai berikut :
Sesi Diskusi I    :
1.  Mata kuliah paada kurikulum lama (2008) tetap akan dibuka untuk mahasiswa Agribisnis lama yang mengulang atau belum mengambil hingga semua mahasiswa angkatan 2012 lulus.
2.  Mata kuliah khusus seperti Ekonomi Mikro di kurikulum lama yang ber SKS 3 menjadi SKS 4 di kurikulum baru. Hal ini mengakibatkan mahasiswa lama yang mengulang atau mungkin baru mengambil akan masuk ke kelas Ekonomi Mikro bersamaan dengan mahasiswa kurikulum baru dengan catatan tetap terhitung 3 SKS bagi mahasiswa lama (2008-2012).
3.  Ketentuan jurusan Sosial Ekonomi Pertanian prodi Agribisnis mengenai penentuan dosen pembimbing skipsi dinilai lambat oleh mahasiswa. Hal ini dikarenakan bahwa penentuan dosen pembimbing skripsi disesuaikan dengan outline serta bidang kajian yang diangkat oleh mahasiswa. Keputusan ini diperoleh melalui rapat antara Kepala Jurusan, Sekretaris Jurusan, dan tim Komisi.

Sesi Diskusi II   :
1.  Teknis pembagian jadwal kuliah yang dilakukan Bapendik dinilai masih berantakan terkait adanya kelas yang berbenturan. Menurut Bapendik, kelas yang berbenturan ini tidak akan pernah ada selama ada pelaporan dari mahasiswa kepada Bapendik.
2.  Jika ada waktu yang berntrok saat ujian maka pihak Bapendik akan memberikan 2 jenis soal yang berbeda dengan waktu ujian 2 kali waktu ujian normal.
3.  Keterlambatan Bapendik dalam pelaksaanaan atau memulai ujian diakibatkan oleh kurang disiplinnya mahasiswa untuk masuk ujian tepat waktu. Selain itu juga dikarenakan keterlambatan dosen untuk memberikan soal ujian padahal Bapendik sudah mengingatkan melalui pesan singkat dan surat elektronik kepada dosen yang bersangktuan.

Sesi Diskusi III :
1.    Pelaksanaan kegiatan PKL mahasiswa S1 Agribisnis paling lama hanya boleh memakan waktu 1 semester saja
2.    Lama studi mahasiswa S1 Agribisnis tergantung kepada mahasiswa itu sendiri karena mahasiswa lah yang mengatur jadwalnya masing-masing. Rata-rata waktu studi mahasiswa S1 Agribisnis adalah 4,53 tahun.

3.    Perbaikan kinerja dosen untuk bimbingan PKL (Praktik, Kerja, Lapang).