LKMM 1 DPW III POPMASEPI
·      Jumat, 2 Desember 2016
Pukul 10.15 para delegasi Himasae dengan keberangkatan pagi (Vicky, Annisa, Izzuddin, Arief, Irham) dan pengurus Himasae berkumpul di sekre Himasae untuk mengantarkan para delegasi ke stasiun Purwokerto. Setelah sampai di stasiun, lalu delegasi mencetak tiket dan melakukan foto bersama. Pukul 10.40 para delegasi berangkat ke Solo menggunakan kereta api Joglokerto. Sampai di stasiun Solo Balapan pada pukul 14.40 WIB. Para delegasi bertemu dengan delegasi dari Himagrita dan dijemput oleh LO panitia LKMM. Setelah menunggu sekitar 30 menit, delegasi Himasae dan Himagrita menuju kampus Fakultas Pertanian UNS menggunakan taxi, mobil dan motor panitia. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Lalu, para delegasi menunaikan ibadah sholat Dzuhur dan Ashar di Masjid FP UNS, lalu makan bersama beberapa panitia dan pengurus Popmasepi DPW III di Kantin FP UNS. Delegasi dengan keberangkatan sore (Talita, Septiana) menuju Solo dengan kereta Bengawan pukul 16.55 WIB. Lalu beberapa delegasi (Izzuddin, Irham, Arief) menuju tempat penginapan yang disediakan oleh panitia. Untuk penginapan bagi delegasi perempuan bertempat di kost mba Amel (selaku panitia). Untuk Delegasi lain (Dejan) menggunakan bus untuk menuju Solo pukul 19.00. Delegasi Annisa diantar ke penginapan pukul 20.30, sedangkan Talita dan Septiana sampai di Solo pukul 20:45 dan tiba di tempat penginapan keesokan harinya pukul 01.00.

·      Sabtu, 3 Desember 2016
Pukul 06.30 delegasi perempuan menuju ke gedung LPPM UNS untuk mengikuti kegiatan Seminar Kewirausahaan dan Talkshow Public Speaking, dan delegasi laki-laki menyusul ke gedung LPPM pukul 07.30. Pukul 07.45 para delegasi melakukan registrasi dan mengambil seminar kit di gedung LPPM UNS Lantai 4. Pukul 08.00 acara dibuka dengan sambutan oleh Fajrien selaku ketua DPW III POPMASEPI, Fahmi selaku perwakilan DPP POPMASEPI serta Dzulfikar selaku ketua pelaksana LKMM 1 DPW III POPMASEPI
Seminar dimulai pukul 08.45 dengan judul “Muda, Kreatif & Mandiri” dengan tema kewirausahaan dengan narasumber ibu Tri Barokah. Dalam seminar tersebut dijelaskan mengenai usaha kacang koropedang dan kopi ekselsa, kesempatan berusaha, mindset dalam wirausaha, serta insting out of the box dalam berwirausaha. Inti dari seminar ini yaitu:
1.    Harus punya motivasi diri untuk menjadi seorang pengusaha.
2.    Untuk menjadi pengusaha sukses itu : -kreatif –inovatif –berpikir gila –melakukan hal gila.
3.    Jadilah yang pertama, kalau tidak bisa jadilah yang terbaik, kalaupun tidak bisa jadilah yang berbeda.
4.    3 jenis wirausaha : 1.terpaksa 2.bisnis meniru 3.inovatif & kreatif.
Seminar diakhiri dengan sesi tanya-jawab. Selanjutnya dilanjutkan dengan Talkshow yang dimulai pukul 10.30 dengan narasumber bu Hanifah tentang pembangunan komunikasi efektif dan Public Speaking. Pembahasannya mencakup komunikasi, kesesuaian tindakan individu agar berkembang baik dalam hubungan intrapersonal atau interpersonal, jenis kepribadian, public speaking dan fakta kesuksesan. Pukul 12.00 kegiatan ISOMA dan setelah itu bersiap menuju bus yang telah disediakan untuk melanjutkan perjalanan menuju Wisma Kartini di Tawangmangu. Di perjalanan, dilakukaan pembagian kamar untuk delegasi oleh panitia, sesampainya disana delegasi menuju kamar masing-masing untuk istirahat untuk mempersiapkan kegiatan selanjutnya.
Pukul 16.00 para delegasi berkumpul di Aula Wisma untuk mengikuti kegiatan materi ke-POPMASEPI-an oleh Fajrien selaku ketua DPW III POPMASEPI. Pukul 18.00 materi selesai dan delegasi dipersilahkan untuk ISOMA. Pukul 19.00 dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Arsyah dengan materi Etika dan Teknis Persidangan yang membahas tata cara sidang, etika bersidang, dan sistem sidang di Indonesia serta simulasi sidang agar para delegasi bisa merasakan langsung seperti apa berlangsungnya sidang. Lalu dilanjutkan pukul 21.30 dengan kegiatan diskusi makalah dengan moderator Dwi. Diskusi ini dilakukan per regional yaitu regional Yogyakarta, Solo, Semarang dan Purwokerto. Tiap regional mendiskusikan permasalahan yang ada di tiap wilayah selama 20 menit dan di presentasikan selama 6 menit yang nantinya akan dilakukan sesi tanya jawab. Untuk regional Purwokerto membahas mengenai alih fungsi lahan di desa Beji dimana desa tersebut berpotensi dengan budidaya ikannya serta desa Sokawera yang mayoritasnya menanam padi. Dilakukan kolaborasi antar kedua desa tersebut dengan sistem pertanaman minapadi di desa Sokawera, dengan benih ikan dari desa Beji. Penyuluhan yang akan dilakukan dengan mina padi ini dengan sistem Domino. Hasil diskusi dipresentasikan oleh Reza dari UMP dan Annisa dari HIMASAE. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab. Setelah selesai kegiatan diskusi, dilanjutkan dengan pemilihan ketua angkatan yang dimulai pukul 22.45 WIB dengan sebelumnya di paparkan fungsi dari ketua angkatan itu sendiri. Dalam pemilihan tersebut terdapat 10 kandidat dimana 2 dari 10 kandidat tersebut dari HIMASAE. Kandidat diberi waktu 5 menit untuk membuat visi misi dan setelahnya langsung pemaparan di forum. Lalu kandidat diasingkan dan delegasi lain bermusyawarah untuk melakukan pemilihan ketua angkatan. Pukul 00.30 hasil musyawarah menyepakati untuk ketua angkatan LKMM 1 2016 DPW III POPMASEPI yaitu Rizky Fauzan Asshiddiqi dari UNS. Pukul 00.45 dilanjutkan dengan latihan kepemimpinan yang dipimpin oleh Supri selaku ketua MPA POPMASEPI. Pada pukul 01.30 delegasi dipersilahkan untuk istirahat.
·      Sabtu, 4 Desember 2016
Acara dimulai dengan senam bersama pukul 06.20 dan dilanjutkan dengan sarapan pagi. Lalu panitia membagi kelompok  untuk outbond. Pukul 08.30 sampai 10.00 kegiatan materi tentang keorganisasian di Aula dengan pemateri Muh. Ihsan Aziz selaku ketua DPP. Di materi tersebut para delegasi diajarkan untuk membuat sebuah organisasi khususnya yang bergerak di sektor pertanian dengan membuat struktur, lambang, visi-misi, dan bidang-bidang yang ada di organisasi tersebut. Pukul 10.20 peserta menuju tempat outbond dengan dengan kelompoknya masing-masing. Delegasi mengikuti games-games menarik lalu diakhiri dengan penutupan dan pembuatan Mannequin Challenge bersama panitia dan pengurus POPMASEPI. Lalu peserta dan panitia kembali ke wisma untuk ISOMA dan bersiap pulang. Pukul 13.00 peserta dari HIMASAE, HIMAGRITA, HMPS UMPurwokerto, UMPurworejo, UST, UGM, dan UPN Veteran Yogyakarta bersiap ke bus untuk melakukan perjalanan menuju stasiun Solobalapan dan Purwosari. Delegasi dari Purwokerto berpisah dengan delegasi dari Purworejo dan Yogyakarta yang turun di stasiun Solobalapan. Pukul 15.15 delegasi dari Himasae, Himagrita, dan HMPS UMPurwokerto sampai di stasiun Purwosari. Pukul 15.40 delegasi dari HIMASAE, HIMAGRITA DAN HMPS UMP menuju Purwokerto dengan kereta api Logawa. Pukul 20.00 tiba di stasiun Purwokerto dan dijemput oleh pengurus HIMASAE.