KRONOLOGIS ACARA PIMNAS KWU DAN RAKORNAS POPMASEPI

POPMASEPI (Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia) merupakan organisasi profesi sosial ekonomi pertanian tingkat nasional yang merupakan gabungan dari seluruh himpunan – himpunan mahasiswa sosial ekonomi pertanian yang ada di Indonesia. Tujuan dari organisasi tersebut adalah sebagai wadah untuk bertukar informasi dan silahturahmi seluruh mahasiswa sosial ekonomi se-Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan Rapat Koordinasi antar pengurus POPMASEPI baik tingkat wilayah maupun pegurus pusat guna mengetahui dan apa saja permasalahan yang terjadi.
Pekan Kewirausahaan Nasional yang dilaksanakan melalui serangkaian acara mulai LKTI dalam bentuk Bisnis Plan Kewirausahaan sampai pada Expo Nasional Mahasiswa ini mencoba mensinergikan mahasiswa dengan pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat. Program pemerintah yang banyak tidak tersalurkan ke daerah akan menjadi sasaran program kami untuk diangkat sebagai sambung nalar lintas almamater. Kemudahan berwirausaha bagi pengusaha pemula dapat diawali dengan pembimbingan keperijinan serta menyediakan trainer guna membangun mindset wirausaha yang tidak pantang menyerah. Rapat Koordinasi Nasional merupakan rapat evaluasi satu tahunan kepengurusan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mencari solusi yang dihadapi kepengurusan DPP POPMASEPI selama setahun kepengurusannya.

Peserta berasal dari pengurus DPP Periode 2016, MPA, serta para pengurus DPW yaitu dari DPW 1-6. Pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Dan Rapat Koordinasi Nasional Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia (PIMNAS KWU dan RAKORNAS POPMASEPI) dilaksanakan di lingkungan kampus Universitas Bengkulu dan di sekitar kota Bengkulu pada tanggal 15-18 Desember 2016. Himpunan Mahasiswa Sosio Agro Ekonomika Universitas Jenderal Soedirman mengirimkan delegasi untuk mengikuti kegiatan tersebut, yaitu Lazuardi Abdurrahman Wahid. Berikut merupakan kronologis dari kegiatan PIMNAS KWU DAN RAKORNAS POPMASEPI.



Rabu, 14 Desember 2016

Pukul 07.30 WIB delegasi HIMASAE (Lazuardi AW) berkumpul dan mempersiapkan segala kebutuhan keberangkatan seperti perlengkapan pribadi dan beberapa berkas yang dibutuhkan untuk kegiatan acara. Selain mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan ketika acara, di siapkan pula kebutuhan-kebutuhan delegasi selama perjalanan dan disiapkan tim yang akan mengantar menuju Stasiun Purwokerto yang merupakan rekan-rekan dari kepengurusan HIMASAE, keberangkatan awal menuju Bengkulu dengan transportasi kereta api pada pukul 09.45 dengan trayek Purwokerto – Pasar Senen. Untuk mengantisipasi ketelatan maka dilakukan persiapan kurang lebih satu jam sebelum keberangkatan kereta .

Pukul 08.30 WIB delegasi berangkat menuju Stasiun Purwokerto bersama dengan tim pengantar,Pukul 09.00 WIB delegasi HIMASAE dan tim pengantar telah tiba di Stasiun Purwokerto. Setibanya di stasiun, para delegasi melakukan pencetakan tiket kereta dan menunggu kereta tiba di stasiun.

Pukul 09.45 WIB kereta tiba, Fajar Utama Yogya tiba merupakan kereta yang digunakan para delegasi HIMASAE. Dengan lama perjalanan kurang lebih selama 5  jam,delegasi sampai di stasiun akhir Pasar Senen pada pukul 15.02 . Setelah tiba di stasiun Pasar Senen, delegasi berangkat kembali ke stasiun Gambir tempat shuttle bus DAMRI dengan tujuan stasiun Gambir – Bandara Soekarno-Hatta, delegasi berangkat dari stasiun Gambir pada pukul 15.30 dengan estimasi waktu perjalanan selama dua jam, delegasi tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 17.30 dan segera melakukan check in tiket pesawat yang akan berangkat pada pukul 19.20. Pada pukul 19.20 pesawat Lion Air tujuan Jakarta (CGK) – Bengkulu (BKS) berangkat dengan penerbangan langsung selama waktu satu jam sepuluh menit, delegasi tiba di Bandara Fatmawati Soekarno pada pukul 20.30 WIB dan segera delegasi berkumpul dengan liaison Officer (LO) dari HIMASETA Universitas Bengkulu untuk HIMASAE Universitas Jenderal Soedirman untuk melakukan pendataan dan persiapan berangkat menuju tempat peristirahatan. Pukul 21.30 delegasi berangkat bersama dengan rombongan delegasi lainnya menuju tempat peristirahatan , delegasi dan rombongan sampai pada pukul 23.15 dan langsung beristirahat untuk hari berikutnya.



Kamis,15 Desember 2016

Pukul 05.00 delegasi dan peserta acara PIMNAS & RAKORNAS POPMASEPI di bangunkan untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan selama acara, Pukul 08.00 WIB, kegiatan pertama berlangsung,kegiatan pertama ini ialah Seminar Nasional dengan tema “Melalui Kreativitas Dan Inovasi Kita Tingkatkan Kompetensi Diri Dan Jiwa Kewirausahhaan. Mulai dari sambutan Ketua Pelaksana PIMNAS & RAKORNAS, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Bengkulu, Ketua DPP POPMASEPI, dan oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu sekaligus membuka acara PIMNAS DAN RAKORNAS secara simbolis yang didampingi oleh Ketua DPP POPMASEPI yang setelah itu segera acara Seminar Nasional dimulai dengan pemateri yaitu Julian (Sekjen HIPMI wilayah Bengkulu), perwakilan  Dinas perindustrian dan Perdagangan, serta perwakilan Kementrian Pertanian.

Pukul 10.00WIB acara Seminar Nasional berangkir dan langsung disambung dengan acara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) bertema Wujudkan  Mahasiswa  yang  Mandiri Finansial Dengan Produk Lokal” bertempat di Gedung Auditorium Universitas Bengkulu yang diawali oleh presentasi dari beberapa Universitas yang dinyatakan lolos seleksi, antara lain: Pumpkin spaghetti (UNSRI), Rendang padang singkong (UNAND), Selat temanggung (UMY), Sunjokong (UNIB), Pempek birokrasi (UNSRI), Bisnis susu biji buah lai (Universitas Mulawarman), Top Ice Cream Andaliman Anti Diabetes (USU), Salfok (Universitas Sebelas Maret), Puding Goroho (Universitas Gorontalo), Permen jelly biji salak(UPN Veteran Yogyakarta), Nikmatin Egomu (Politeknik Negeri Jember), Sweet Potato (IPB), Mie Taneng (Universitas sultan agung tirtajasa), Breadfruit Gum Juice (universitas jember), dan Si manis "gupuan" (UNSRI). acara ini dimulai dengan presentasi dari beberapa Universitas tersebut mengenai produk yang mereka hasilkan dan selanjutnya dilakukan Tanya jawab dengan juri mengenai kelebihan,kekurangan dan prospek produk tersebut kedepannya, Tanya jawab ini dilakukan sampai jam 12.00 dan dilanjutkan dengan ISHOMA. Setelah ISHOMA, presentasi dari delegasi PIMNAS dilanjutkan di selingi oleh permainan music khas Bengkulu yaitu “Dol” yang di sediakan oleh panitia agar delegasi tidak merasa bosan sekaligus memperkenalkan music khas Bengkulu. Kemudian setelah rangkaian acara PIMNAS selesai, pada pukul 17.30 para delegasi disiapkan untuk ,menuju ke tempat peristirahatan untuk istirahat dan memulai acara selanjutnya.

Pukul 19.00 delegasi memulai acara RAKORNAS POPMASEPI dengan tema ”Membangun POPMASEPI Melalui Sambung Nalar Lintas Almamater” bertempat di Aula Balai Koprasi Bengkulu yang dengan diawali pembukaan dengan sambutan Ketua Panitia dan Ketua DPP POPMASEPI yang selanjutnya disuguhi hiburan yaitu tarian khas daerah Bengkulu, setelah itu dimulailah acara RAKORNAS POPMASEPI hingga Jum’at 16 Desember 2016 pukul 02.00 WIB, setelah itu peserta beristirahat.

Jumat,16 Desember 2016

Pukul 05.00 para delegasi bangun dan mempersiapkan diri , ISHOMA dilakukan sampai pada pukul 07.30 setelah itu para delegasi melakukan perjalanan ke tempat acara selanjutnya yaitu Pameran Produk Lokal yang diisi oleh para delegasi PIMNAS yang bertempat di Lapangan SPORT CENTER Bengkulu , produk yang mereka hasilkan di pamerkan kepada seluruh delegasi, masyarakat setempat dan tamu undangan yang datang ke tempat acara, acara dimulai dari pukul 08.00 sampai pada pukul 16.00 setelah itu para delegasi berkesempatan untuk memasarkan produk hasil PIMNAS tersebut kepada masyarakat yang ada di sekitaran Pantai Panjang, Bengkulu sekaligus penutupan acara Pameran Produk Lokal yang dilakukan pada pukul 19.00 dengan dihadiri oleh beberapa dosen Faperta UNIB dan juga tamu undangan, acara penutupan ini diakhiri pada pukul 21.00 yang mana setelah penutupan para delegasi dikondisikan langsung berangkat menuju tempat peristirahatan. Pukul 21.30 para delegasi sampai ditempat peristirahatan dan beristirahat.



Sabtu 17 Desember 2016

Pukul 05.00 Para delegasi bangun dan mempersiapkan diri untuk melakukan Field Trip di kota Bengkulu yang mana Field Trip kali ini delegasi dibawa ke tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah dan menjadi icon kota Bengkulu , Field Trip kali ini para delegasi berangkat ke Benteng Marlborough peninggalan Belanda Rumah Soekarno Bengkulu, Anggut pusat oleh oleh khas Bengkulu, dan Pantai Panjang Bengkulu.Delegasi berkumpul di depan Aula Balai Koperasi dan bersiap-siap untuk di berangkatkan pada pukul 07.00 dan berangkat menuju tempat pertama yaitu Pantai Tapak Paderi, Tapak Paderi , setelah itu para delegasi menuju benteng Malborough, kemudian ke Rumah Soekarno dan terakhir menuju pusat oleh-oleh Anggut untuk membeli cinderamata dan buah tangan untuk handai taulan di purwokerto. Pukul 19.00 semua kegiatan Field Trip selesai dan para delegasi diantarkan menuju tempat peristirahatan untuk beristirahat.

Minggu, 18 Desember 2016

Pukul 04.00 delegasi dari HIMASAE bangun dan mempersiapkan segala kebutuhan serta perlengkapan pribadi untuk keberangkatan pesawat tujuan Bengkulu – Jakarta, delegasi berangkat menuju bandara pada pukul 05.15 untuk mengejar penerbangan pesawat dengan keberangkatan pukul 06.10, pukul 06.10 delegasi naik pesawat dan terbang ke Jakarta dan sampai di bandara Soekarno-Hatta pada pukul 7.30. Tiba di Jakarta delegasi memesan Ojek online untuk menuju stasiun Pasar Senen, setibanya di Stasiun Pasar Senen delegasi memesan tiket untuk keberangkatan Pasar Senen – Purwokerto kemudian delegasi melakukan pencetakan tiket kereta yang akan digunakan, melakukan check-in agar dapat masuk ke dalam tempat pemberentihan kereta, dan menunggu kereta tiba di stasiun. Delegasi berangkat dari Pasar Senen pukul 08.00 dan sampai di Purwokerto pada pukul 13.10.