”Gemakan Aspirasi Menuju Solusi Yang Presisi” 




Dalam menjembatani hubungan antar mahasiswa serta antara mahasiswa dengan birokrat kampus, HIMASAE mengadakan kegiatan Sarasehan 2023. Sarasehan merupakan suatu kegiatan yang diadakan untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi untuk menuntaskan atau memecahkan masalah yang ada. Sarasehan 2023 bertemakan “Gemakan Aspirasi Menuju Solusi Yang Presisi”. Tema ini diambil dengan maksud agar mahasiswa khususnya mahasiswa S1 Program Studi Agribisnis dapat menyampaikan aspirasinya untuk mendapatkan solusi yang tepat. Garis besar permasalahan mahasiswa ini terkait dengan akademik, fasilitas kampus dan juga program bantuan.

Sebelum mengadakan kegiatan Sarasehan, diadakan pengisian kuisioner oleh mahasiswa aktif Program Studi Agribisnis yang kemudian diselaraskan bersama anggota dalam kegiatan forum advokasi. Tujuannya adalah untuk menyatu pandangkan permasalahan mahasiswa sebelum nantinya dibicarakan bersama pihak terkait.

Kegiatan Sarasehan 2023 diadakan pada hari Jum’at, 31 Maret 2023 pukul 15.30 – 17.30 WIB melalui zoom yang dihadiri oleh Koordinator Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Ibu Alpha Nadheira Mandamdari, S.P., M.P., Pembina Himpunan Sosio Agro Ekonomika Bapak Rifky Andi Novia, S.P, M.Sc. dan dihadiri sebanyak 6 peserta dari angkatan 2022, 22 peserta dari angkatan 2021, 2 peserta dari angkatan 2020, dan 4 peserta dari angkatan 2019++. Rangkaian kegiatan ini berupa pembukaan, sambutan oleh ketua pelaksana saudari Anjarwati Rejimastuti, ketua umum HIMASAE saudari Farras Nailah, pembina HIMASAE Bapak Rifky Andi Novia, S.P, M.Sc., sekaligus peresmian acara dan kemudian penutupan acara pembukaan yang dilanjutkan diskusi oleh masing-masing narasumber dan kemudian penutup.



Dalam diskusi ini membahas beberapa poin permasalahan mahasiswa, diantaranya :

1.      Pembahasan akademik yang meliputi pelaksanaan praktikum, feedback hasil tugas dan UTS, dan jadwal bimbingan yang didiskusikan bersama Ibu Alpha Nadheira Mandamdari, S.P., M.P. selaku Koordinator Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.

2.      Pembahasan mengenai fasilitas yang meliputi fasilitas kampus yang mengalami kerusakan, dan peningkatan fasilitas untuk mendukung kegiatan perkualiahan yang didiskusikan bersama Bapak Andi S.P., M.Sc. selaku Perwakilan dari Bagian Umum

        Pembahasan mengenai program bantuan yang meliputi beasiswa keluarga tidak mampu dan keringanan UKT yang didiskusikan bersama Ibu Alpha Nadheira Mandamdari, S.P., M.P.

            Kegiatan ini diakhiri dengan kesimpulan yang disampaikan oleh moderator. Semoga dengan adanya kegiatan sarasehan ini permasalahan mahasiswa  mendapatkan solusi yang terbaik dan juga dapat meningkatan kualitas pendidikan khususnya di S1 Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman.