Kunjungan Industri (KI) merupakan salah satu program kerja dari bidang Ilmiah Pustaka Himpunan Mahasiswa Sosio Agro Ekonomika (Himasae), Universitas Jenderal Soedirman. Dalam program kerja tersebut, mahasiswa S1 Agribisnis Unsoed akan diajak untuk dapat melihat secara langsung kegiatan dalam subsistem agribisnis. Selain itu, program kerja ini menawarkan pengalaman untuk dapat mengeksplor pengetahuan dari suatu kegiatan dalam agribisnis. Salah satu dalam kegiatannya adalah dengan mengunjungi instansi dalam bidang pertanian. Disamping memberikan edukasi, program ini juga menawarkan kesempatan untuk berwisata ke objek wisata di sekitar instansi pertanian yang dijadikan tujuan.

            Pada tahun 2024 ini, Kunjungan Industri (KI) dengan nama kegiatan "Study Fun with KI" (SAWI) memilih CV. Tani Organik Merapi (TOM) di Sleman, Yogyakarta sebagai destinasi tujuan untuk kunjungan edukasi. CV. Tani Organik Merapi adalah lembaga perusahaan berbasis pertanian yang melakukan pemberdayaan terhadap petani dengan sistem penanaman sayuran organik Dusun Balangan, Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Selain kunjungan edukasi ke CV. Tani Organik Merapi, Kunjungan Industri kali ini juga akan berkunjung ke objek wisata yang populer di Yogyakarta, yaitu Maliboro. Kunjungan Industri ini diikuti oleh 48 mahasiswa S1 Agribisnis yang berasal dari angkatan 2022 dan 2023.

            Rangkaian acara diawali dengan mengadakan Technical Meeting yang diselenggarakan pada hari Kamis, 2 Mei 2024 di pendopo belakang sebelah kanan PKM UNSOED. Kegiatan dimulai pukul 19.20 WIB dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Kunjungan Industri 2024, Satria Eka Aji, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan ditutup dengan sesi foto bersama. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan informasi dan peraturan secara jelas kepada peserta saat pelaksanaan Kunjungan Industri nantinya.

            Rangkaian acara berikutnya adalah pelaksanaan Kunjungan Industri 2024 yang jatuh pada hari Sabtu, 4 Mei 2024. Kegiatan diawali dengan berkumpulnya peserta di titik kumpul, yaitu area lapangan sekitar gedung D Fakultas Pertanian UNSOED pada pukul 06.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan keberangkatan rombongan menggunakan bus pada pukul 06.15 WIB menuju CV. Tani Organik Merapi di Sleman, Yogyakarta.

            Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama, tibalah rombongan peserta di CV. Tani Organik Merapi pada pukul 11.50 WIB. Rombongan disambut dengan baik oleh Pak Untung, selaku owner dari CV. Tani Organik Merapi, yang memberikan beberapa kalimat sambutan saat rombongan peserta memasuki aula pertemuan. Kegiatan dilanjutkan dengan ishoma pada pukul 12.10 WIB.

            Setelah beristirahat, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang subsistem agribisnis di CV. Tani Organik Merapi oleh Pak Untung pada pukul 13.20 WIB. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pemaparan materi dan tanya jawab. Setelah sesi tanya jawab, peserta dipersilakan untuk istirahat dan disuguhkan dengan makanan dan minuman ringan yang khas dari CV. Tani Organik Merapi. Pada pukul 14.15 WIB, rombongan peserta diarahkan untuk mengeksplor area di CV. Tani Organik Merapi. Kemudian peserta diarahkan untuk menuju rumah pengemasan di CV. Tani Organik Merapi dengan didampingi Pak Yanto, selaku karyawan disana. Setelah peserta mengeksplor area di CV. Tani Organik Merapi, kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama.

            Perjalanan dilanjutkan pada pukul 15.30 WIB menuju salah satu destinasi wisata Yogyakarta, yaitu Malioboro. Rombongan peserta tiba di Malioboro pada pukul 17.15 WIB dengan titik kumpul di parkiran Ngabean. Peserta diberikan keleluasaan untuk berwisata di Malioboro. Selanjutnya pada pukul 21.30 WIB, peserta berkumpul lagi pada titik kumpul yang telah ditentukan untuk melanjutkan perjalanan pulang.

            Perjalanan selanjutnya menuju Purwokerto, tepatnya di area lapangan sekitar gedung D Fakultas Pertanian UNSOED seperti saat awal keberangkatan. Peserta tiba di Purwokerto pada hari Minggu, 5 Mei 2024 pukul 02.50 WIB. Setelah pemeriksaan kembali barang bawaan, peserta dipersilakan pulang ke tempat masing-masing dan rangkaian acara Kunjungan Industri 2024 selesai.