Sarasehan merupakan salah satu program kerja Bidang Humas dan Advokasi yang bertujuan untuk menjembatani hubungan antar mahasiswa serta antara mahasiswa dengan birokrat kampus. Kegiatan ini diadakan untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi para mahasiswa S1Agribisnis untuk didengar atau diberikan solusi dari permasalahan yang ada. 

    Pada tahun ini Sarasehan dibawakan dengan tema "Suara Mahasiswa : Sampaikan harapan, kawal perubahan ", dengan tema ini tersirat keinginan untuk didengar dan menemukan solusi dari diselenggarakannya kegiatan ini. Sarasehan 2024 telah terlaksana pada Selasa, 7 Mei 2024 di ruang B.205a pada pukul 16.00 s.d. 18.00. Garis besar permasalahan yang dibawakan oleh pmahasiswa pada Sarasehan tahun ini adalah permasalahan akademik dan fasilitas kampus. 

    Sebelum diadakannya Sarasehan telah diadakan pengisian kuisioner oleh mahasiswa aktif Program Studi Agribisnis yang kemudian diselaraskan bersama anggota dalam kegiatan forum advokasi. Pengisian kuesioner diadakan selama 3 minggu dari 9 April 2024 s.d. 2 Mei 2024 dan berhasil mengumpulkan 44 aspirasi mahasiswa. Kemudian untuk menyelelaraskan permasalahan yang telah dituliskan dan untuk persiapan berdiskusi dengan birokrat kampus telah dilaksanakan kegiatan Pra-Sarasehan sebagai forum advokasi mahasiswa pada Jum'at 3 Mei 2024 pukul 16.00 s.d  18.00 WIB di Pendopo Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman. 

    Kegiatan Sarasehan 2024 yg telah terlaksana pada Jum'at 7 Mei 2024 dihadiri oleh 26 peserta yang terdiri dari 5 orang dari pihak birokrat dan 21 orang lainnya dari anggota biasa HIMASAE yang berasal dari berbagai angkatan. Pihak birokrat yang hadir pada kegiatan ini yaitu Ibu Dr. Irene Kartika Eka Wijayanti, S.P., M.P.  selaku Kepala Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Bapak Budi Dharmawan, S.P., M.Si., Ph.D., selaku Wakil Dekan bidang Umun dan Keuangan, Bapak Lutfi Zulkifli S.P., M.Si., selaku Kepala Program Studi S1 Agribisnis, Bapak Akhmad Rizqul Karim, S.P., M.Sc., selaku pembina Himpunan Mahasiswa Sosio Agro Ekonomika,dan Ibu Indah Widyarini, S.P., M.Sc., selaku Komisi Tugas Akhir. Mahasiswa S1 Agribisnis yang hadir berasal dari angkatan 2023 sebanyak 3 orang, angkatan 2022 sebanyak 11 orang, angkatan 2021 sebanyak 5 orang, dan angkatan 2020 sebanyak 2 orang. 

    Setelah pelaksanaan Sarasehan dilakukan penyebaran riset kepada peserta yang hadir dalam kegiatan Sarasehan 2024 untuk melihat seberapa jauh kebermanfaataan dari kegiatan ini dan upaya evaluasi apa yang layak untuk dilakukan. Selain itu pengurus Bidang Humas dan Advokasi juga melakukan follow up secara berkala mengenai permasalah yang solusinya telah dijanjikan pada forum.